Penembakan Anggota FPI, Kapolda Metro dan Dirut Jasa Marga Akan Diperiksa Komnas HAM

Imam BEsar FPI Rizieq Shihab
Imam BEsar FPI Rizieq Shihab (net)

KLIKPOSITIF - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Direktur Utama PT Jasa Marga Subakti Syukur akan diperikasa Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait kasus tewasnya enam laskar FPI pengawal Habib Rizieq Shihab

Agenda pemeriksaan terhadap dua pejabat itu akan dilaksanakan pada pekan depan. "(Diperiksa) minggu depan," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, Jumat (11/12/2020) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

Beka tidak menyebut kapan tanggal pasti keduanya akan mendatangi Komnas HAM untuk memenuhi panggilan. Pasalnya, Komnas HAM tengah menentukan tanggal yang disesuaikan jadwal Subekti dan Fadhil. "Disesuaikan dengan jadwal komisioner dan PJU Polda Metro supaya bisa lengkap," tuturnya.

Sebelumnya, Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam mengatakan pemanggilan kedua pihak itu dilakukan guna memberikan keterangan soal penembakan enam laskar FPI . Penembakan itu terjadi di tol KM 50 Tol Jakarta - Cikampek pada Senin (7/12/2020) dini hari. "Surat pemanggilan telah dilayangkan," kata Choirul dalam keterangan persnya pada Kamis (10/12/2020).

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM sudah mulai bergerak untuk menampung segala informasi yang berkaitan atas peristiwa tersebut yakni dari pihak FPI , saksi, keluarga korban dan masyarakat. Bahkan mereka juga melakukan pemantauan langsung ke tempat kejadian perkara (TKP). Pendalaman atas temuan di TKP pun masih dilakukan hingga saat ini.

"Semoga semua pihak dapat bekerja sama untuk membuat terangnya peristiwa," tutupnya

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Editor: Ramadhani