KPU Solok Rencanakan Pleno Tingkat Kabupaten 16 Desember 2020

KPU Kabupaten Solok.
KPU Kabupaten Solok. (Ist/KPU Kabupaten Solok)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Pihak Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Solok masih melakukan sidang pleno tingkat kecamatan terhadap hasil pungut hitung yang dilakukan 9 Desember 2020 kemarin.

"Sampai saat ini, baru dua kecamatan yang selesai pleno di tingkat kecamatan," ungkap Ketua KPU kabupaten Solok , Ir. Gadis melalui Komisioner Jons Manedi, Jumat (11/12/2020).

baca juga: Antisipasi Pengangguran, Desa di Pariaman Beri Pelatihan Pada Puluhan Warga

Dua kecamatan yang sudah selesai rekap hasil Pilkada melalui pleno yakni kecamatan Sungai Lasi dan Kecamatan Payung Sekaki, pemilih di dua kecamatan ini cukup sedikit dibanding kecamatan lainnya.

Pihaknya memperkirakan, sepanjang hari ini, akan ada 4 kecamatan lainnya yang akan selesai. Diantaranya kecamatan Bukik Sundi, Lembang Jaya, Pantai Cermin dan Junjung Sirih.

baca juga: Pembangunan GSG Pariaman Baru 30 Persen, Pemerintah Butuh Rp14 Miliar lagi

"Saat ini, seluruh kecamatan sudah berjalan pleni rekap hasil Pilkada , namun paling lambat kita perkirakan selesai hari minggu besok," terangnya.

Terhadap kepastian hasil Pilkada Kabupaten Solok tahun 2020, akan disampaikan KPU Kabupaten Solok usai pleno di tingkat kabupaten yang rencananya digelar 16 Desember 2020 nanti.

baca juga: Pemkab Pessel Percepat Penyaluran BLT Nagari Guna Menjaga Daya Beli Masyarakat

Terkait aplikasi Sirekap yang disediakan KPU Pusat, sampai saat ini input datanya masih berkisar di 235 TPS, sementara jumlah TPS di kabupaten Solok mencapai 960 buah.

Sebelumnya, sejumlah informasi Quick Count atau hitung cepat beredar di masyarakat. Dalam hasil itu, pasangan nomor urut 2 Epyardi Asda - Jon Firman Pandu berhasil unggul.

baca juga: Pessel Terima Bantuan Bedah Rumah Rp 4,4 Miliar dari Pemerintah Pusat

Namun hasil itu baru hasil dari perhitungan tim pasangan calon, tentunya, hasil pasti akan diketahui setelah selesainya pleno resmi di seluruh kecamatan oleh KPU dan disyahkan melalui pleno tingkat kabupaten Solok .

Penulis: Syafriadi | Editor: Ramadhani