Besok, Satu TPS di Bukittinggi akan Lakukan PSU

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - Pada hari Minggu 13 Desember 2020 besok, satu TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Kota Bukittinggi - Sumbar akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura mengatakan, TPS yang melakukan PSU itu adalah TPS 12 Kelurahan Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB). DPT (Daftar Pemilih Tetap) di TPS ini berjumlah 263 pemilih.

baca juga: Ditengah Pandemi Corona, Pemko Bukittinggi Naikkan Targetkan PAD Sektor Pariwisata

"PSU dilaksanakan berdasarkan penelitian dan pemeriksaan Panwascam ABTB dan telah disampaikan ke PPK ABTB. PSU dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Heldo Aura, Jumat 11 Desember 2020 malam.

Menurut Heldo Aura, berdasarkan temuan Panwascam ABTB di TPS 12 ini, 3 orang pindah yang memilih menggunakan A5 dari Kabupaten Agam, diberikan 2 surat suara, yakni surat suara untuk gubernur dan wakil gubernur serta wali kota dan wakil wali kota.

baca juga: Kurangi Potensi Banjir, Dinas PU Bukittinggi Akan Bangun Saluran Primer

"Seharusnya hanya 1 surat suara gubernur," jelas Heldo Aura.

Untuk diketahui, dari seluruh hitungan cepat yang dilakukan berbagai lembaga, pasangan nomor urut 2 Erman Safar - Marfendi unggul, disusul pasangan nomor urut 01 Ramlan Nurmatias - Syahrizal dan nomor urut 3 Irwandi - David Chalik.

baca juga: KPU Tanah Datar Serahkan Ratusan Thermogun ke Pemkab Usai Pilkada

Dari data hasil hitungan cepat yang dilansir di laman pilkada2020.kpu.go.id pada Sabtu 12 Desember 2020 pukul 08.20 WIB, pasangan Erman Safar - Marfendi meraih 45,3 persen, sementara pasangan Ramlan Nurmatias - Syahrizal meraih 40,3 persen dan Irwandi -David Chalik 14, 5 persen. Progress penghitungan ini baru 66,52 persen atau baru hasil hitungan 155 TPS dari total 233 TPS.

Sebelumnya, pada Jumat 11 Desember 2020 sore, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bukittinggi juga telah mengungkap hasil tabulasi data PKS pada Pilkada Bukittinggi 2020, Jumat 11 Desember 2020. Dari data tersebut, pasangan calon Erman Safar - Marfendi yang diusung PKS, Partai Gerindra dan Partai Golkar unggul dari dua petahana.

baca juga: Pilkada Solok, Gugatan NC-Yulfadri Berlanjut ke Sidang Pembuktian

Ketua DPD PKS Bukittinggi Nur Hasra menyebutkan, dari hasil real count yang diinput melalui formulir C1, pasangan Erman Safar - Marfendi unggul 44,52 persen atau mendapatkan 24.720 suara.

Sementara paslon nomor urut 1 Ramlan Nurmatias - Syahrizal meraih 40,97 persen atau 22.751 suara, dan paslon nomor urut 3 Irwandi - David Chalik hanya memperoleh 14,51 persen atau 8.059 suara.

Editor: Haswandi