Satu TPS di Solsel Lakukan PSU Hari Ini

Ketua KPU Solsel Nila Puspita
Ketua KPU Solsel Nila Puspita (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan ( Solsel ) melakukan pemungutan suara ulang ( PSU ) di Tempat pemungutan suara (TPS) 9 Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir.

Ketua KPU Solsel Nila Puspita menyebutkan PSU tersebut dilakukan setelah pihaknya mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel agar dilakukan PSU .

baca juga: Salurkan Hobi Generasi Muda pada Hal Positif, Ini Cara Polres Solsel

"Berdasarkan hasil pleno di KPU rekomendasi Bawaslu kami tindak lanjuti dengan melakukan PSU hari ini di TPS 9 Lubuk Gadang," kata Nila Puspita.

Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar mengungkapkan dihari pemungutan suara 9 Desember lalu ada laporan masyarakat disertai bukti-bukti diduga ada dua orang pemilih yang melakukan pencoblosan di dua TPS berbeda.

baca juga: Ketua DPRD Solsel: Musrenbang Tak Melulu Bicara Infrastruktur

Atas laporan tersebut imbuhnya, panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Sangir melakukan kajian dan penelitian kebenaran laporan sehingga ditemukan dua pemilih dimaksud sebelum memilih menggunakan KTP di TPS 9 Lubuk Gadang. Sementara yang bersangkutan juga memilih di TPS 3 Lubuk Gadang Utara menggunakan Model C6.

"Panwascam menyampaikan ke PPK hasil penelitian dan kajian terhadap laporan masyarakat di TPS 9 tersebut berpotensi PSU dan meminta PPk agar menindaklanjuti sesuai peraturan yang berlaku", katanya.

baca juga: Doni Rahmat Samulo Buka Musrenbang RKPD Solok Selatan Tahun 2022

Ansyar melanjutkan hasil penelitian dan kajian panwascam tersebut juga di sampaikan ke Bawaslu Solsel .

"Setelah kami melakukan rapat pleno terhadap hasil kajian dan penelitian yang dilakukan panwascam sangir, kami rekomendasikan ke KPU Solsel agar dilakukan PSU ," katanya

baca juga: Sejak Awal Tahun, Polres Solsel Amankan Delapan Tersangka Narkoba

Penulis: Kamisrial | Editor: Rezka Delpiera