Data Masuk Sudah 40,43 Persen di Aplikasi Sirekap, HamRis Unggul Sementara di Pilkada Pasbar

Hasil Screnshot dari laman KPU pada Aplikasi Sirekap
Hasil Screnshot dari laman KPU pada Aplikasi Sirekap (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Perolehansuara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat pada aplikasi Sirekap KPU, pasangan Hamsuardi - Risnawanto (HamRis) unggul dari pesaingnya.

KPU melalui website pilkada2020.kpu.go.id, Minggu 13 Desember pukul 15.57 WIB mencatat data TPS yang masuk dalam aplikasi Sirekap sudah sebanyak 418 TPS atau 40,43 persen dari total 1.034 TPS.

baca juga: Viral Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasbar, Polisi Periksa Sejumlah Pihak

Dari data yang masuk, tercatat persentase suara pasangan Hamsuardi - Risnawanto unggul dalam grafis yang berada pada angka 31,2 persen dengan perolehan 21.951 suara.

Kemudian disusul suara petahana Yulianto - Syafrial dalam grafis berada pada angka 29,0 persen dengan perolehan 20.362 suara. Selanjutnya pasangan Erick Hariyona - Syawal dalam grafis berada pada angka 15,1 persen dengan perolehan 10.612 suara.

baca juga: Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasaman Barat Viral di Facebook

Seterusnya pasangan Agus Susanto - Rommy Candra dalam grafis berada pada angka 12,6 persen dengan perolehan 8.879 suara. Sedangkan pasangan Maryanto - Yulisman dalam grafis berada pada angka 12,1 persen dengan perolehan 8.474 suara.

Diketahui data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data hasil foto formulir Model C. Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap dan belum hasil resmi.

baca juga: Fraksi PDIP Minta Bupati Pasbar Fokus Bekerja, Bukan Fokus Kerja Gonta Ganti Pejabat

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C. Hasil-KWK, KPU akan melakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Dan seterusnya, jika terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web tingkat kecamatan oleh KPU.

baca juga: Beberapa Kali Mutasi dan Rotasi Sejumlah Pejabat, Bupati Pasbar: Tidak Ada Tekanan Politik

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara belum hasil resmi penghitungan perolehan suara. Karena hasil resmi masih dalam proses rekapitulasi.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera