Disdukcapil Solsel Hadirkan Pojok Baca Digital di Ruang Tunggu Pelayanan

Kadis Dukcapil Solsel Efi Yandri di ruang Pojok baca digital Dinas Dukcapil Solsel
Kadis Dukcapil Solsel Efi Yandri di ruang Pojok baca digital Dinas Dukcapil Solsel (ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ) menghadirkan Pojok Baca Digital (Pocadi) di ruang tunggu/pelayanan kantor tersebut.

Kadis Dukcapil Efi Yandri mengatakan kehadiran Pocadi ini berkat bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok Selatan .

baca juga: Tingkatkan Kualitas Pemilu, Bawaslu Solsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

"Diharapkan dengan adanya Pocadi, masyarakat yang berurusan tidak jenuh saat menunggu antrean atau pemrosesan dokumen yang dibutuhkan, bisa membaca baca buku terlebih dahulu," ujar Efi Yandri.

Dia menambahkan Pocadi juga menyediakan tiga unit komputer, tiga unit tab, televisi serta tempat duduk yang refresentatif.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

Selain itu, Disdukcapil Solok Selatan juga telah melahirkan 24 program inovasi pelayanan administrasi kependudukan dalam lima tahun terakhir.

Inovasi tersebut menurutnya untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya. Mulai dari pengurusan KTP secara online, kerjasama dengan berbagai instansi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, serta inovasi lainnya.

baca juga: Usai Lantik PAW Anggota DPRD Solsel, Zigo: Setelah Dilantik Harus Rajin Ke Kantor

Total 24 inovasi tersebut katanya, termasuk melakukan kerjasama dengan pihak PT Pos Indonesia, untuk mengirimkan dokumen yang diurus oleh masyarakat langsung ke rumah warga di berbagai nagari di Solok Selatan .

Hal ini menurutnya sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi keadaan yang membuat masyarakat harus menunggu lama di Kantor Dukcapil.

baca juga: Afri Nofiardi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solsel

"Misalnya karena kerusakan jaringan atau penyebab lainnya, sehingga masyarakat harus menunggu lama di kantor Dukcapil. Maka kita tawarkan pelayanan antar alamat, dimana nantinya dokumen mereka akan dikirimkan ke rumah masing-masing melalui PT Pos," katanya.

Inovasi lain yang dilakukan adalah inovasi perekaman KTP- elektronik secara jemput bola (Malala) terhadap masyarakat yang berkebutuhan khusus, lansia dan sakit.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Solok Selatan juga telah mendapatkan penilaian pelayanan publik dengan nilai sangat baik (A) dari Ombudsman Propinsi Sumatera Barat tahun 2020 ini. (rilis)

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi