Pilkada Pasbar

Sengit, Untuk Sementara Paslon Yulianto - Syafrial Unggul Tipis

Ilustrasi penghitungan suara
Ilustrasi penghitungan suara (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Penghitungan cepat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat ( Pasbar ) - Sumbar semakin sengit. Kekinian, pada rekapitulasi yang ditampilkan dalam laman pilkada2020.kpu.go.id, suara petahana Yulianto yang berpasangan dengan Syafrial unggul tipis dari rivalnya Hamsuardi - Risnawanto (HamRis).

Sebelumnya tercatat persentase suara dari salah satu pesaing petahana yakni pasangan Hamsuardi - Risnawanto (HamRis) unggul dalam grafis aplikasi Sirekap yang terpantau di 418 TPS masuk atau 40,43 persen dari total 1.034 TPS.

baca juga: Libur Lebaran, Seluruh Objek Wisata di Pasaman Barat Tutup

Pada persentase di angka 40,43 persen itu di Minggu 13 Desember pada pukul 15.57 WIB di website pilkada2020.kpu.go.id, suara paslon HamRis berada pada angka 31,2 persen dengan perolehan 21.951 suara, sedangkan petahana berada pada angka 29,0 persen dengan perolehan 20.362 suara.

Namun pada Senin 14 Desember 2020 versi pukul 04.22 WIB, suara paslon Yulianto - Syafril unggul tipis dengan perolehan 30,2 persen, sementara pasangan Hamsuardi - Risnawanto memperoleh 30,1 persen suara. Selanjutnya pasangan Erick Hariyona - Syawal meraih 14,7 persen, paslon Susanto - Rommy Candra 12,9 persen, dan paslon Maryanto - Yulisman 12,1 persen.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Progress penghitungan suara ini baru mencapai 51,84 persen, atau baru menghitung suara di 536 TPS dari total 1.034 TPS di Pasbar .

Untuk diketahui, data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C. Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

baca juga: Tiga Napi Melarikan Diri dari Lapas Kelas III Talu Pasbar, Ini Cara Mereka Kabur

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C. Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C. Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.

baca juga: Gabungan Organisasi Kepemudaan Santuni 70 Orang Anak Yatim di Nagari Kajai Pasbar

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi