Pemko Pariaman Kembali Adakan FGD untuk Tingkatkan Sektor Wisata

Saat FGD berlangsung
Saat FGD berlangsung (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Guna meningkatkan pengunjung pariwisata di Kota Pariaman , Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman mengadakan Focus Group Discussion (FGD), Senin (14/12) di Balairung Pendopo Walikota Pariaman .

Walikota Pariaman dalam sambutannya saat menghadiri FGD mengapresiasi kegiatan itu dan mengucapkan terima kasih kepada Disparbud dan peserta yang telah menyelanggadaran dan hadir pada FGD ini.

baca juga: Jumlah Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Turun di Pariaman, Ini Penjelasan Polisi

"Hari ini kita melaksanakan FGD Pendataan Hotel Pendataan Hotel, Homestay, Restoran dalam Pengembangan Pola Perjalanan Wisata Alam Kota Pariaman Tahun 2020. Ini merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk memajukan pariwisata. Karena dengan kesepakatan yang sama, saya yakin kita bersama bisa memajukan pariwisata di Kota Pariaman , " ungkap Genius Umar.

Pariwisata saat ini, kata Genius, menjadi salah satu tren yang berkembang cukup pesat dan dianggap sebagai industri yang cukup menjanjikan, alasannya karena pariwisata memiliki banyak manfaat bagi masyarakat juga negara baik dari segi ekonomi, budaya, lingkungan, ilmu pengetahuan, dan lainnya.

baca juga: Seluruh Nagari di Wilayah Hukum Polsek Sungai Limau Telah Resmi Menjadi Kampung Tangguh Nasional

"Dengan banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh sektor pariwisata, presiden dan wakil presiden Indonesia telah memutuskan untuk menjadikan pariwisata sebagai lini sektor utama. Oleh sebab itu, diperlukan usaha-usaha untuk memasarkan suatu destinasi wisata agar lebih dikenal oleh wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara," jelas Walikota Pariaman .

Selain itu, katanya lagi, usaha-usaha memasarkan destinasi juga berguna agar destinasi wisata tersebut memiliki masa hidup yang lebih panjang.

baca juga: Ratusan Pegawai RSUD Pariaman Tuntut Direktur Mundur dari Jabatan

"Membangun branding destinasi pariwisata kelas dunia, nasional, atau lokal memang tidak mudah, apalagi dalam situasi seperti saat ini, dimana pandemi Covid-19 melanda seluruh negara di dunia, dan dampaknya sangat nyata, tingkat perekonomian dunia saat ini anjlok, menurun drastis, dan ini akan menjadi dampak yang buruk kalau tidak segera dibenahi," sebunya.

Dalam kondisi yang tidak menentu saat ini, kata Genius lagi, akan berdampak besar pada branding destinasi yang telah dibangun dengan budget yang besar sebagai investasi yang diharapkan dapat menembus target kunjungan wisatawan yang telah ditentukan.

baca juga: Kerjasama Pemko Pariaman dan Pemko Pekanbaru Terkait Wisata dan Perdagangan Terjalin

Ia berharap dengan adanya kegiatan FGD ini, akan menjadi penambah ilmu pengetahuan dan penyatuan persepsi tentang pengelolaan kepariwisataan yang terstruktur dengan baik, apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih melanda negara. "Nah untuk itu agar kita tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap beraktifitas," katanya.

Penulis: Rehasa | Editor: Khadijah