Kembangkan Batik Loempo, Novia Hertini Raih Penghargaan Upakarti dari Presiden

Novia Hertini dengan Penghargaan Upakarti
Novia Hertini dengan Penghargaan Upakarti (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF — Pengelola Batik Loempo Novia Hertini, raih penghargaan Upakarti 2020 untuk kategori jasa pengabdian yang merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden Republik Indonesia (RI). Penghargaan ini di dasari Surat Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 1308 tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'roef Amin secara daring pada 10 Desember lalu. Perempuan asal Pesisir Selatan ini menerima penghargaan no 4, karena berjasa melakukan pengabdian kepada masyarakat tanpa bantuan dari pemerintah.

Novi Hertini dalam sambutannya menjelaskan, dirinya menerima upakarti yang merupakan usulan dari Pemprov Sumbar. "Alhamdullilah penghargaan yang kami dapatkan dapat mengharumkan nama Sumbar.

Saya berbuat, karena berasal dari keluarga petani yang ingin membangun usaha yang berbasis kemasyarakatan," katanya di Padang, Senin (14/12/2002).

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Syafrizal megatakan, apa yang dilakukan oleh Novia Hertini merupakan kebanggaan Sumbar, apalagi Sumbar telah cukup lama tidak mendapatkan penghargaan tertinggi dari pemerintah ini.

"Novia telah melakukan upaya sehingga menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan industri kecil. Dengan batik Lumponya, Novia telah mengangkat batik lumpo yang merupakan kekayaan yang dimiliki oleh Sumbar. Terima kasih Novia Hertini yang telah menjadi mitra dari industri kecil di Sumbar," jelasnya.

Batik Loempo merupakan bisnis sosial yang melibatkan para masyarakat khususnya pengrajin batik namun untuk penyediaan tempat dan bahan baku disediakan oleh pengelola yang sekaligus menjadi ujung tombak pemasaran produk yang dihasilkan oleh pengrajin batik.

Dalam memasarkan produk, ia telah banyak bekerja sama dengan dinas-dinas di pemerintahan dan sekolah-sekolah dalam penggunaan produk batik Loempo dan juga dipasarkan ke Jawa dan beberapa provinsi tetangga hingga ke luar negeri seperti Malaysia, Brazil, Jordania, Brunei melalui pameran yang difasilitasi oleh Pemprov dan Pemkab.

Baca Juga

Editor: Muhammad Haikal