Lagi, 3 Warga Pasaman Barat Terkonfirmasi Positif Corona

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, dr Gina Alecia
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, dr Gina Alecia (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Jumlah kasus positif Corona atau COVID -19 terus bertambah di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Sumbar. Kali ini jumlah penambahan mencapai 3 orang.

Dimana penambahan kasus ini menyebabkan jumlah kasus Corona di Kabupaten Pasaman Barat mencapai 386 orang dan sebanyak 20 orang meninggal dunia sejak pandemi Corona berlangsung di daerah itu.

baca juga: Kadinkes Padang Prediksi Akan Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Lebaran

"Hari ini ada kembali penambahan 3 kasus positif corona lagi," sebut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran COVID -19 Kabupaten Pasaman Barat , dr Gina Alecia, Selasa (15/12/2020).

Ia mengatakan dengan adanya penambahan 3 kasus positif Corona di Kabupaten Pasaman Barat , maka total ada 386 orang warga di daerah dinyatakan positif virus Corona .

baca juga: Puskesmas Andalas Telah Vaksin Ribuan Warga, 347 Diantaranya Lansia

"Sebelumnya kasus positif Corona 383 orang dan hari ini bertambah 3 kasus menjadi 386 orang, 337 orang sudah dinyatakan sembuh, 20 orang meninggal dunia dan 29 orang masih positif atau menjalani isolasi," katanya.

Penambahan 3 orang itu dengan rincian, berdasarkan informasi dari Laboratorium FK Unand Nomor 801/12/PDRPI-FK/2020 pada (15/12/2020) terhadap hasil swab oleh RSUD Pasaman Barat (13/12/2020) didapatkan 1 orang terkonfirmasi positif Corona .

baca juga: Terpapar COVID-19, Mantan Bupati Lima Puluh Kota Tutup Usia

Pasien terkonfirmasi positif ini merupakan warga Jorong Sikilang, Nagari Persiapan Sikilang, Kecamatan Sungai Aur dengan inisial Tuan S (42). Ia merupakan pasien Suspeck Covid -19.

Kemudian berdasarkan hasil Laboratorium FK Unand pada (15/12/2020) terhadap hasil test swab pada RS Ibnu Sina Simpang Empat (13/15/2020) didapatkan 2 orang terkonfirmasi positif Corona .

baca juga: Jika Kasus Covid-19 Tak Meningkat Usai Lebaran, Ini Penjelasan Ahli

Kedua orang ini merupakan warga Sariak Selatan, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo dengan inisial Nyonya M (51) diduga kontak erat dengan kasus positif sebelumnya dan sedangkan Tuan A (63) merupakan pasien Suspek Covid -19.

Saat ini dua pasien konfirmasi positif yakni Nyonya M dan Tuan A sudah dalam proses perawatan di RS Ibnu Sina Simpang Empat. Sedangkan terhadap pasien Tuan S sudah dalam perawatan di RSUD Pasaman Barat .

"Saat ini kita kembali melaksanakan proses pelacakan atau tracking dan testing, untuk memutus mata rantai penyebaran COVID -19 di Bumi Mekar Tuah Basamo," katanya.

Ia berharap, dengan adanya penambahan kasus konfirmasi positif di Pasaman Barat dapat menggugah kesadaran diri masing-masing untuk selalu waspada terhadap COVID -19.

"Kita berharap warga agar selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ajaknya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi