Rapat Pleno KPU Bukittinggi, Erman Safar - Marfendi Kalahkan 2 Petahana

Rapat pleno KPU di Hotel Novotel Bukittinggi, Selasa (15/12/2020)
Rapat pleno KPU di Hotel Novotel Bukittinggi, Selasa (15/12/2020) (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - KPU Bukittinggi melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang dilaksanakan di Hotel Novotel Bukittinggi, Selasa 15 Desember 2020.

Tak jauh beda dengan hasil hitungan cepat, dalam rapat pleno tersebut pasangan Erman Safar - Marfendi unggul 44,49 persen suara atau meraih 24.650 suara, disusul pasangan Ramlan Nurmatias - Syahrizal 41,12 persen atau 22.782 suara, serta pasangan Irwandi - David Chalik 14,39 persen atau mendapatkan 7.972 suara.

baca juga: Kurangi Potensi Banjir, Dinas PU Bukittinggi Akan Bangun Saluran Primer

Dalam Pilkada Bukittinggi 2020 ini, tercatat suara sah berjumlah 55.404 suara, serta suara tidak sah berjumlah 815 suara.

Dalam berkas acara rapat pleno tersebut, hanya dua saksi yang membubuhkan tandatangannya, yakni saksi dari Paslon Erman Safar - Marfendi serta paslon Irwandi - David Chalik.

baca juga: Pelanggaran Prokes di TMSBK, Ini Sanksi yang Diterima Kadisparpora Bukittinggi

Atas perolehan pilkada ini, pasangan Erman Safar - Marfendi akan dilantik pada 2021 mendatang dan akan bertugas hingga 2024, karena pada 2024 tersebut juga akan dilangsungkan Pilkada Serentak.

Erman Safar - Marfendi yang merupakan nomor urut 02 ini diusung oleh tiga partai besar, yakni PKS, Partai Gerindra dan Partai Golkar. Erman Safar sendiri merupakan seorang pengusaha, sementara Marfendi seorang politikus dari PKS.

baca juga: 6 Satwa Amerika Latin Jadi Penghuni Baru TMSBK

Sementara itu, paslon Ramlan Nurmatias - Syahrizal dengan nomor urut 01 maju melalui jalur perseorangan. Ramlan Nurmatias merupakan petahana yang menjabat Wali Kota Bukittinggi, sementara Syahrizal Datuak Palang Gagah merupakan Ketua LKAAM Bukittinggi.

Selanjutnya, paslon Irwandi - David Chalik dengan nomor urut 03 diusung oleh Partai Nasdem, PAN dan PKB. Irwandi merupakan petahana yang menjabat Wakil Wali Kota Bukittinggi, sementara David Chalik merupakan seorang artis atau aktor ternama.

baca juga: Wako Bukittinggi Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 Kedua

Editor: Haswandi