Terungkap, Ini Cara Sopir Travel Curi Uang dalam Rekening Melalui ATM Sebelum Dilumpuhkan Polisi dengan Timah Panas

Tersangka saat diamankan tim Satreskrim Polresta Padang
Tersangka saat diamankan tim Satreskrim Polresta Padang (ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sopir travel yang dibekuk tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Padang berawal pada 26 November 2020 lalu setelah ia mengantarkan penupangnya.

"Tindakan kriminal yang dilakukan oleh tersangka atas nama Donny Sartika berawal setelah ia mengantarkan penumpangnya," kata Kasat Reskrim Poresta Padang , Kompol Rico Fernanda.

baca juga: Ada Ruang Layanan Konsultasi Hukum di DPMPTSP Sumbar

Dari pengakuan tersangka, pada 27 November 2020 ia membersihkan mobil dan menemukan dompet korban atas nama Dina Karmila di bawah kursi mobil.

"Di dalam dompet itu korban menemukan uang sejumlah Rp290 ribu dan beberapa dokumen penting serta kartu ATM Bank Nagari," lanjutnya.

baca juga: Pasokan Ikan Berkurang di Pasar Raya Padang, Harga Tetap Stabil

Setelah itu, tersangka membawa kartu ATM tersebut ke salah satu ATM berniat untuk mengecek saldo yang ada di dalam rekening korban.

"Tersangka mencocokkan sandi ATM dengan tanggal lahir korbannya dan berhasil membobol kartu ATM tersebut," lanjutnya.

baca juga: Harga Cabai di Pasar Raya Padang Anjlok, Ini Penyebabnya

Melihat uang sejumlah Rp 11,2 juta, tersangka kalap mata dan melakukan penarikan sebanyak enam kali hingga meraup uang tabungan korbannya.

"Tersangka berhasil mengambil uang sebesar Rp11,1 juta yang ia gunakan untuk keperluan pribadinya," lanjutnya.

baca juga: Cabuli Gadis Keterbelakangan Mental, Pria Air Pura Pessel Ditangkap

Setelah itu, korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian Polresta Padang dengan bukti rekening koran yang menyatakan adanya penarikan di salah satu ATM Bank Nagari.

"Setelah itu, kami langsung melakukan penyelidikan dan mengambil rekaman CCTV di ATM tersebut. Dari situlah kami mendapatkan identitas tersangka," lanjutnya.

Setelah itu, pihak kepolisian melakukan penangkapan terhadap tersangka pada 15 Desember 2020 malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri