Raih 22.003 Suara, Mahyeldi-Audy Menang di Semua Kecamatan di Payakumbuh

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Kota Payakumbuh.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi -Audy meraih total 22.003 suara di Kota Payakumbuh . Pasangan nomor urut empat itu menang di seluruh kecamatan yang ada di daerah tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh , Haidi Mursal mengatakan, berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat Kota Payakumbuh , jumlah surat suara sah di daerah tersebut berjumlah 47.329.

baca juga: Dibantu UM Surakarta dan Kaltim, UMSB Akan Buka Prodi S2 Hukum

"Dari jumlah surat suara tersebut, pasangan nomor urut empat unggul dengan total perolehan 22.003 atau kurang lebih 47 persen dari total surat suara sah," kata Haidi, Rabu (16/12).

Untuk peraih suara terbanyak kedua di Payakumbuh adalah pasangan calon nomor urut 2, Mulyadi-Ali Mukhni dengan total 12.892 suara disusul pasangan Nasrul Abit-Indra Catri dengan perolehan 8.979 suara. Di tempat terakhir dengan total 3.543 suara, Fakhrizal-Genius Umar.

baca juga: Vaksinasi untuk Siswa Usia 6-11 Tahun di Payakumbuh Mulai Dilaksanakan

Di Payakumbuh , total surat suara terpakai di Payakumbuh berjumlah 48.388 dengan surat suara yang tidak sah sebanyak 971 suara dan surat suara sah 47.329 suara.

"Seluruh calon atau saksi calon telah menerima seluruh hasil rapat pleno. Tidak ada sesuatu hal yang begitu menjadi permasalahan," ujarnya.

baca juga: Penanganan Dugaan Kasus Korupsi Dana COVID-19 di Dinkes Payakumbuh Dinilai Lamban, Ini Jawaban Kajari

Hasil perkecamatan, pasangan Mahyeldi -Audy meraih 1.586 di Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Kecamatan Payakumbuh Barat sebanyak 8.322 suara, Payakumbuh Selatan 1.974 suara, Payakumbuh Timur 4.423 suara, dan Payakumbuh Utara 5.698 suara.

Menanggapi kemenangan Mahyeldi -Audy, Wakil Ketua PPP Payakumbuh Edward DF mengaku bersyukur dengan hasil yang diraih calon yang diusung PKS dan PPP itu. Terlebih ini pertama kader PPP berhasil menduduki kursi pimpinan Sumbar.

baca juga: MUI Tidak Temukan Pengikut Ajaran Bab Kesucian di Payakumbuh

"Alhamdulillah pasangan yang kami usung unggul cukup jauh dari pasangan lain, ini sudah berdasarkan hasil rapat pleno KPU tingkat Kota Payakumbuh ," katanya. (*)

Editor: Taufik Hidayat