Sambut Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Sumbar Swab Gratis Kaum Perempuan

Swab gratis TP - PKK Sumbar
Swab gratis TP - PKK Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK ) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) punya cara tersendiri menyambut hari ibu yang jatuh 22 Desember 2020.

Mereka menggelar test swab gratis untuk kaum perempuan di Kantor TP- PKK Sumbar, Jl. Rasunasaid No.76 Padang, Rabu, 16 Desember 2020.

baca juga: Gurbernur Sumbar Semangati Pasien COVID-19 di RSUP M.Djamil

Wakil Ketua II TP- PKK Sumbar, Elinda Alwis menyampaikan, kegiatan itu dilakukan adalah sebagai tindak lanjut instruksi presiden nomor 6 tahun 2020, tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"TP- PKK Provinsi Sumbar selaku mitra pemerintah ikut berperan menyelenggarakan rest swab gratis untuk perempuan , guna mengetahui secara dini apakah kita positif atau negatif, maka langkah yang perlu diambil adalah melalui test swab ," terangnya.

baca juga: Tidak Diproduksi di Tanah Air, Pemerintah Buru 3 Jenis Obat COVID-19 Ini

Sesuai dengan arahan TP- PKK Pusat meminta dalam penanganan Covid-19 agar seluruh tim penggerak PKK se Indonesia khususnya pengurus agar melakukan Rapid Test atau Swab , bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sumbar dan lintas sektor terkait.

"Maka pada hari ini bagi seluruh TP- PKK dan masyarakat baik kota maupun di kabupaten khususnya bagi perempuan melakukan test swab Gratis, sesuai dengan tema Peringatan Hari Ibu ke 92 tingkat nasional," ungkap Elinda.

baca juga: Agam Catat 78 Kasus Baru Corona, Lubuk Basung Tertinggi

Sementara itu, Siti Zakiah selaku Wakil Sekretaris TP- PKK Prov Sumbar juga mengatakan pelaksanaan test swab gratis tersebut dilakukan tidak hanya di Provinsi Sumbar saja tetapi juga dilakukan oleh seluruh tim penggerak TP- PKK Provinsi se Indonesia.

"Untuk hari ini TP- PKK Prov Sumbar melakukan swab gratis seminimalnya ditargetkan 100 orang juga diikuti dari beberapa TP- PKK di 19 Kabupaten dan Kota pertitik sebanyak 100 orang jadi total keseluruhannya 2000 swab gratis se Sumbar," ucap Siti Zakiah.

baca juga: Hari Ini Dua Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 25 Orang

Lebih lanjut, pelaksanaan test swab tersebut sudah dimulai sejak 14 lalu akan berakhir pada 21 Desember nanti dan semua aktivitas pada hari ini akan dividiokan sebagai laporan ke Tim Penggerak PKK Pusat lengkap dengan data hasil selama dalam pelayanan.

Setelah itu, sesuai dengan rencana akan dilakukan evaluasi secara virtual oleh Tri Tito Karnavian Ketua Umum TP- PKK Pusat," terang Siti. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir