KPU Sumbar Sampaikan Hasil Penelitian Administrasi Dokumen Calon

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyampaikan hasil penelitian administrasi dokumen calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar di aula KPU, Senin siang, 14 September 2020
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyampaikan hasil penelitian administrasi dokumen calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar di aula KPU, Senin siang, 14 September 2020 (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyampaikan hasil penelitian administrasi dokumen calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar di aula KPU, Senin siang, 14 September 2020.

Penyampaian dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Sumbar Amnasmen, didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan Izwaryani, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Nova Indra, dan Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM Gebril Daulai, serta sekretaris Firman.

baca juga: Pelantikan Gubernur Sumbar Terpilih, Pj: Menunggu Keppres

Hadir juga dalam kesempatan itu, bakal calon gubernur dan wakil gubernur, partai pengusung dan LO.

Ketua divisi teknis penyelenggaraan Izwaryani mengatakan, ada beberapa calon memiliki berkas yang perlu diperbaiki.

baca juga: KPU Sumbar Kembali Ingatkan Soal Protokol Kesehatan Saat Pemilihan

"Kita kurang pas apa saja yang perlu diperbaiki, tapi umumnya berkaitan dengan keterangan dari pengadilan niaga Medan, sedangkan ijazah tidak ada masalah," ungkap Izwaryani.

Ketua KPU, Amnasmen mengatakan, hari ini adalah jadwal KPU Sumbar menyampaikan hasil penelitian berkas bakal calon yamg merupakan hasil verifikasi sampai tanggal 12 September 2020

baca juga: Pimpinan KPU Sumbar Paksa ASN Membangkang Untuk Swab

"Rincian hasil penelitian itu sudah kita sampaikan ke bakal pasangan calon, tentu itu dimaknai seluruh proses yang dilakukan secara aministrasi pencalonan atau bakal calon dan bisa diakses semua pihak," jelasnya usai acara.

Amnasmen menuturkan sebagian bakal pasangan calon ada yang bermasalah di bagian administrasi, ada ijazah, NPWP, tanggungan hutang, dan surat penjelasan dokumen lainnya.

baca juga: Melihat Strategi Pemulihan Ekonomi Masa Pendemi Paslon Pilkada Sumbar dalam Debat

"Kita meminta hal-hal sederhana itu diperbaiki pada masa perbaikan hingga tanggal 16 September besok. KPU akan melanjutkan verifikasi dokumen perbaikan mulai tanggal 16 sampai tanggal 22 September.

Selanjutnya tanggal 23 September 2020 akan ditetapkan dan diumumkan bisa atau tidak kepada masing-masing bakal calon untuk maju ke tahap selanjutnya," jelasnya.

Amnasmen menerangkan sampai saat ini, hasil tes kesehatan seluruh bakal pasangan calon sudah keluar dan bisa ditindaklanjuti sebagai pemeriksaan selanjutnya. "Artinya lolos dalam pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika" tuturnya.

Editor: Fitria Marlina