Pemkab Solsel Fasilitasi Pelatihan Jurnalistik Wartawan Daerah

Komisioner KI Sumbar Tanti Endang Lestari memberikan Materi didampingi Kabag Humas Pemkab Solsel Firdaus firman
Komisioner KI Sumbar Tanti Endang Lestari memberikan Materi didampingi Kabag Humas Pemkab Solsel Firdaus firman (KLIKPOSITIF/Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan ( Solsel ) memfasilitasi pelatihan jurnalistik selama tiga hari terhitung sejak 14 hingga 16 Desember 2020. bagi 28 orang Wartawan Media cetak, Online, Televisi dan radio yang bertugas di Daerah itu.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Solsel Firdaus firman mengatakan kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak 14 hingga 16 Desember 2020.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

Dia menambahkan 28 orang wartawan tersebut adalah wartawan yang bekerja di media terverifikasi dewan pers yang menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah.

Wartawan Solsel menyimak Redaktur Tagar Id Rifa Yanas Menjelaskan Teknik Membuat Feature
Wartawan Solsel menyimak Redaktur Tagar Id Rifa Yanas Menjelaskan Teknik Membuat Feature

Dia melanjutkan seiring perkembangan teknologi dalam meyebarluaskan informasi. Dalam penulisan berita,Wartawan dituntut harus cepat, akurat dan kritis.

baca juga: Setelah Geledah Dinas PU, Tim Kejari Lanjutkan Penggeledahan Ke Kantor BPKD Solsel

"Melalui Kegiatan ini diharapkan bisa memotivasi wartawan daerah meningkatkan kemampuan dalam menyebarluaskan informasi yang cepat, akurat, kritis namun Anti Hoax," katanya.

Dua Orang wartawan Solsel menyaksikan teknik Erison J Kambari mengambil foto
Dua Orang wartawan Solsel menyaksikan teknik Erison J Kambari mengambil foto

Firdaus menyebutkan untuk peningkatan kemampuan menulis sebuah feature, pihaknya melibatkan adalah Redaktur Tagar. Id Rifa Yanas sebagai pemateri, sedangkan untuk teknik fotografi Erison J Kambari.

baca juga: Satu Koper Berisi Dokumen Dibawa Tim Kejari Usai Geledah Ruang Dinas PU Solsel

"Nara sumber lainnya adalah komisioner Komisi Informasi Sumbar bidang kelembagaan Tanti endang lestari," katanya.

Bagi Pemerintah daerah imbuhnya Wartawan adalah salah satu unsur yang berperan penting untuk menyebarkan segala jenis informasi seperti Program pemerintah maupun potensi daerah sehingga dapat diketahui khalayak umum.

baca juga: FLASH: Kejari Geledah Kantor PU Solsel

"Pemkab Solok Selatan melalui bagian humas berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas wartawan daerah setiap tahunnya dalam menyonsong kemajuan zaman. Terhitung sejak 2017 hingga sekarang, wartawan daerah terus dibekali pelatihan termasuk kunjungan jurnalistik," katanya

Ketua PWI Solok Selatan , Hendrivon mengapresiasi Bagian Humas Setdakab Solok Selatan yang telah ikut berperan banyak dalam meningkatkan ilmu jurnalistik Wartawan yang melakukan kegiatan peliputan di Kabupaten Solok Selatan .

"Semoga kawan-kawan yang mengikuti pelatihan ini bisa menjadi wartawan yang profesional seperti yang diharapkan," katanya

Afrizal Amir salah seorang wartawan media cetak mengatakan banyak hal positif yang diperolehnya setelah mengikuti pelatihan tersebut.

"Terima kasih kepada Pemkab yang telah memfasilitasi kegiatan ini, untuk menambah wawasan para wartawan daerah, diharapkan bisa berkesinambungan, sehingga nantinya wartawan yang bertugas di Solok Selatan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyajikan informasi publik, berintegritas dan anti hoax, " katanya. (Adv)

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah