Melihat Strategi Pemulihan Ekonomi Masa Pendemi Paslon Pilkada Sumbar dalam Debat

Debat publik
Debat publik (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar mengikuti debat publik pertama yang digelar Komisi Pemerintah Umum (KPU) Sumbar Senin (23/11/2020) malam.

Keempat pasangan calon tersebut, saling unjuk strategi dalam pemulihan ekonomi Sumbar, khususnya UMKM, setelah pandemi Covid-19.

baca juga: Pelantikan Gubernur Sumbar Terpilih, Pj: Menunggu Keppres

Dalam video yang diputar terlebih dahulu kemudian diminta untuk ditanggapi, yang berisikan menurut laporan Bank Indonesia, pandemi Covid-19 membuat kontraksi perekonomian Sumbar mengalami kontraksi pada triwulan kedua 2020 menjadi -4,91 persen.

Calon Wakil Gubernur nomor 4, Audy Joinaldy mengatakan dalam memulihkan perekonomian, Sumbar harus menekan penularan Covid-19 dengan cara menggalakkan testing, tracing, dan tracking. Kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan juga harus ditingkatkan.

baca juga: KPU Sumbar Kembali Ingatkan Soal Protokol Kesehatan Saat Pemilihan

Pemerintah juga bisa memberikan bantuan sosial dan mengadakan dana recofusing di bidang kesehatan jaringan pengaman sosial. Selain itu, untuk pemulihan ekonomi, pemerintah bisa memberikan subsidi pada bunga perbankan untuk mengembangkan UMKM.

Sementara, Calon Gubernur nomor urut 1, Mulyadi mengatakan pemerintah harus mengamankan masyarakat dari dampak pandemi Covid-19 dengan cara membuat jaringan pengaman sosial. Oleh karena itu, pihaknya akan memberikan BLT kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

baca juga: Pimpinan KPU Sumbar Paksa ASN Membangkang Untuk Swab

"Ada yang mengatakan lebih bagus memberikan pancing daripada ikan. Itu kalau mereka masih bisa memancing. Tapi jika mereka betul-betul tidak bisa, maka mereka harus kita lindungi," terangnya.

Kemudian, Calon Gubernur nomor urut 2, Nasrul Abit mengatakan dalam melakukan pemulihan ekonomi, pihaknya akan memanggil ahli epidemiologi terlebih dahulu, dan menggiatkan penerapan 3M di masyarakat, yakni makai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

baca juga: KPU Sosialisasi Secara Masiv Pada Pemilih Disabilitas

Selain itu, juga perlu dilakukan pemutusan kasus dengan testing, tracing, dan treatment. Untuk pemulihan ekonomi, pemerintah perlu memberikan BLT. Selain itu, pemerintah bisa memberikan kredit mikro yang dikasih bunga. Pemerintah juga harus memberikan subsidi untuk mengembangkan pertanian.

"Kami juga akan membentuk tim percepatan pembangunan Sumbar dalam rangka membantu kami," imbuhnya.

Selanjutnya, Calon Wakil Gubernur nomor urut 3, Genius Umar mengatakan pihaknya juga sepakat untuk melakukan pemberian jaminan pengaman sosial dengan pendataan sempurna melalui mekanisme perbankan.

Pasangan ini juga melakukan padat karya. "Bagaimana masyarakat membangun infrastruktur tapi mereka yang bekerja sesuai jerih payah mereka," jelasnya. Selain itu juga perlu dilakukan pemulihan pariwisata dengan penerapan protokol kesehatan.

Editor: Fitria Marlina