Aksi Demo 1812 Hari Ini, Wasekjen PA 212 Klaim Massa Bisa Capai Jutaan Orang

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Wakil Sekretaris Jenderal PA 212 Novel Bakmumin mengatakan, aksi 1812 di depan Istana, Jakarta Pusat akan diikuti ribuan massa. Novel mengatakan, aksi tersebut akan digelar bertepatan usai salat Jumat dan dipusatkan di depan Istana Negara, Jumat (18/12/2020).

"Siap nanti ba'da jumatan kita akan aksi di depan Istana," kata Novel melalui pesan singkat dilansir dari Suara.com. Ia mengklaim ribuan massa akan datang mengikuti aksi tersebut. Bahkan menurutnya, massa bisa saja bertambah menjadi jutaan.

baca juga: Banyak Faktor Pengaruhi Pemulihan Ekonomi Global, Menkeu: Salah Satunya Vaksinasi dan Dukungan Fiskal

"Massa ribuan bisa jadi jutaan," tuturnya.

Kendati begitu, Novel tak merinci massa yang ikut dalam aksi tersebut datang dari daerah atau hanya sekitaran Jabodetabek saja. Sementara itu berdasarkan pantauan Suara.com di area Patung Kuda Arjuna Wijaya belum nampak adanya tanda-tanda kedatangan massa aksi 1812 di lokasi. Namun sejumlah personel aparat kepolisian tampak bersiaga.

baca juga: Menaker Sebut UMKM Mampu Serap Tenaga Kerja Perempuan

Polda Metro Jaya sebelumnya telah memastikan tidak memberikan Surat Tanda Terima Pemberitahuan atau STTP terkait aksi 1812 hari ini. Polisi menegaskan tidak akan memberikan STTP terhadap izin keramaian apapun selama masa pendemi Covid-19.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran juga mengklaim, akan mengambil langkah humanis apabila simpatisan Rizieq tetap bersikeras melakukan aksi unjuk rasa. "Kalaupun ada aksi, kami akan melaksanakan operasi kemanusiaan," ungkap Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/12) kemarin.

baca juga: Wamenkeu: Energi Baru Terbarukan Adalah Masa Depan

Dia mengatakan kerumunan massa yang sempat terjadi dalam serangkaian acara Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat dan Tebet, Jakarta Selatan telah terbukti dampaknya. Sehingga dia menyatakan akan melakukan operasi kemanusiaan apabila aksi 1812 itu tetap dilaksanakan oleh simpatisan Rizieq.

"Itu akan kami laksanakan dalam bentuk operasi kemanusiaan. Akan kami laksanakan 3 T, sehingga kerumunan bisa dikendalikan," katanya.

baca juga: Presiden Pasang Target 70 Persen Penduduk Sudah Divaksin Pada Akhir 2021

Menjelang aksi 1812 sebanyak 2.690 personel Brimob dikerahkan ke Jakarta. Personel Brimob Nusantara itu dikerahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas di wilayah Jakarta. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono memastikan bahwa ribuan personel Brimob Nusantara itu telah tiba di Jakarta.

"Jumlahnya 2.690 personel untuk pengamanan Ibu Kota. Saat ini mereka sudah sampai di Jakarta," kata Argo dalam keterangannya, Kamis (17/12).

Selain untuk menjaga Kamtibmas di wilayah ibu kota, Argo menyamapaikan bahwa personel Brimob itu juga dikerahkan untuk membantu pengamanan aksi 1812 di Istana Merdeka hari ini. "Pengamanan aksi demo juga," pungkas Argo.

Editor: Ramadhani