Masuk Kabinet Biden, Deb Haaland Jadi Menteri Native American Pertama

Deb Haaland adalah penduduk asli Amerika atau Native American pertama yang jadi menteri di tanahnya sendiri
Deb Haaland adalah penduduk asli Amerika atau Native American pertama yang jadi menteri di tanahnya sendiri (net)

KLIKPOSITIF - Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden telah menunjukkan keragaman dalam kabinet yang dibentuknya. Keberagaman ini semakin luas dengan dipilihnya Deb Haaland sebagai Menteri Dalam Negeri AS.

Dilansir dari The Guardian Jumat (18/12) Deb Haaland adalah penduduk asli Amerika atau Native American pertama yang jadi menteri di tanahnya sendiri. Haaland adalah anggota kongres Demokrat progresif dari New Mexico sejak 2019.

baca juga: Muncul ke Publik Pasca Lengser dari Presiden Amerika, Ini Kata Donal Trump

Washington Post melaporkan Haaland sebagai anggota Pueblo of Laguna dan akan menjadi keturunan pertama dari penduduk asli Amerika Utara yang menjalankan Departemen Dalam Negeri. Jabatan ini sebelumnya memiliki hubungan yang sulit dengan 574 suku yang diakui secara federal di AS. Jika terpilih sebagai Menteri Dalam Negeri, ia diharapkan mampu mengatasi masalah itu.

Haaland juga akan mengurus tanah suku dan bidang luas hutan belantara Amerika yang dilindungi, termasuk permata seperti taman nasional Yellowstone dan Yosemite. Ketua DPR, Nancy Pelosi mengatakan Haaland mengetahui wilayah itu dan jika dia terpilih, maka dia akan membuat pilihan yang sangat baik.

Sebelumnya, Joe Biden juga melengkapi keberagaman kabinetnya dengan orang-orang pilihan dari berbagai latar belakang. Ia menunjuk politisi gay, Pete Buttigieg sebagai Menteri Transportasi AS dan memilih seorang wanita untuk menjabat Menteri Keuangan, Janet Yellen. Ia juga didampingi oleh Kamala Harris, wanita keturunan Afro- Amerika pertama yang menjadi wakil presiden di AS.

baca juga: Kakek Ini Kaget Melihat Tagihan Listriknya Capai Puluhan Miliar, Perusahaan Listrik Lakukan Pengecekan

Editor: Ramadhani