Baru 30 Persen Hasil Pemeriksaan, Tiga Guru Terpapar COVID-19 di Padang

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG , KLIKPOSITIF - Dari pemeriksaan swab yang dilakukan sejak sepekan terakhir, Puskesmas Andalas, Kota Padang menemukan tiga orang guru positif Covid -19.

"Itu masih hasil sementara, karena belum semua hasil pemeriksaan swab guru keluar dari laboratorium Unand," ujar Kepala Puskesmas Andalas Kota Padang , Dokter Mela Aryati, Jumat 18 Desember 2020.

baca juga: Akselerasi Pemberian Vaksinasi Covid-19 Perlu Peran Aktif Seluruh Elemen, Wapres: Jika Perlu Jemput Bola

Menurutnya, pihaknya baru menerima 30 persen hasil pemeriksaan laboratorium guru yang melakukan swab sejak sepekan terakhir.

Menurutnya, tiga orang guru yang terkonfirmasi positif Covid -19 tersebut berusia dibawah 40 tahun dan telah menjalani perawatan dengan isolasi mandiri di rumah.

baca juga: Pemerintah Harus Beri Perhatian Khusus bagi Penyintas Corona yang Alami 'Long Covid-19'

"Hingga saat ini, kami masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium guru yang telah menjalani swab," lanjutnya.

Ia mengatakan, dari data terakhir, pihaknya telah melakukan pemeriksaan swab pada 1.100 orang guru yang ada di Kecamatan Padang Timur.

baca juga: Termasuk Sumbar, Ini 5 Provinsi yang Melaksanakan Seleksi CPNS Kemenag Hari Ini

"Kami ditargetkan melakukan pemeriksaan swab pada 1.500 guru dan pemeriksaan swab tersebut ditargetkan dapat tuntas pada pekan depan," lanjutnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Padang mewajibkan seluruh guru dari tingkatan taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama harus melakukan pemeriksaan swab sebelum awal tahun 2021.

baca juga: Sampuran Rajo Panjang, Wisata Alam yang Baru Ditemukan di Situak Pasaman Barat

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan guru yang mengajar siswa saat sekolah tatap muka kembali dibuka tidak dalam kondisi terpapar Covid -19, sehingga tidak terjadi klaster penyebaran Covid -19 di sekolah.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi