Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar Raih Penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra dari KLHK

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat Menerima Penghargaan
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat Menerima Penghargaan (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memberikan penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Sumbar Supardi.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Manggala Wanabakti Jakarta, Senin (21/12/2020).

Diketahui, Green Leadership adalah penghargaan pemerintah kepada kepala daerah di tingkat Provinsi, kabupaten/kota atas kepemimpinan dan pemahaman terhadap isu lingkungan, respons kebijakan kepala daerah dalam menjawab persoalan lingkungan hidup, serta inovasi dan kepemimpinan kepala daerah dalam merespons persoalan lingkungan hidup.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada masa pandemi Covid-19 ini, penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra hanya diserahkan secara langsung kepada tiga gubernur dan tiga ketua DPRD, salah satunya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Sumbar Supardi. Sedangkan untuk kabupaten/kota diserahkan secara virtual.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar Siti Aisyah mengatakan pemberian penghargaan Green Leadership dan Nirwasita Tantra ini berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada tahun 2019.

"Sementara untuk tahun 2020 belum diberikan karena kondisi Covid-19 dan mekanisme penilaiannya tidak sama dengan penilaian tahun 2019," katanya saat dihubungi wartawan.

Dia menambahkan, Pemprov Sumbar dalam kurun waktu 10 tahun terakhir tidak pernah absen atau dengan kata lain selalu menerima penghargaan Green Leadership dari pemerintah pusat. "Sumbar selalu masuk tiga besar, tahun 2017 peringkat 2, 2018 juga peringkat 2, dan untuk tahun 2019 alhamdulillah kita mendapat peringkat 1 nasional kedua-duanya. Baik gubernur maupun ketua DPRD," imbuhnya.

Siti menyampaikan, meski ada kelebihan-kelebihan yang dilakukan Pemprov Sumbar dalam pengelolaan lingkungan hidup, pihaknya mengakui bahwa masih ada juga berbagai kekurangan. Namun nyatanya Sumbar masih dinilai cukup berhasil dari segi indikator-indikator yang dinilai dalam pemberian penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra.

"Jika masih ada permasalahan pengelolaan lingkungan yang belum teratasi, itu kita akui. Tapi yang jelas bahwa pengelolaan lingkungunan kita terakui dan sudah terukur. Ini dapat dilihat dari data-data dan indeks kualitas lingkungan hidup atau IKLH," ujarnya.

Lebih lanjut di menyebut, untuk kabupaten/kota, Sumbar merupakan provinsi terbanyak menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra pada tahun 2020 ini. Antara lain, Kabupaten Dharmasraya, Pesisir Selatan, Kota Padang, Padang Panjang, Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi.

Kabupaten Dharmasraya meraih peringkat II nasional untuk kategori kabupaten kecil. Kabupaten Pesisir Selatan peringkat II nasional kategori kabupaten sedang, Kota Padang peringkat III nasional kategori kota besar. Sementara Kota Padang Panjang meraih peringkat I nasional kategori kota kecil, Kota Payakumbuh peringkat II nasional kategori kota kecil, dan Kota Bukittinggi peringkat III nasional untuk kategori kota kecil.

"Kalau kita lihat untuk kategori kota kecil, Sumbar mendominasi ketiga-tiganya. Kota Padang Panjang, Payakumbuh, dan Bukittingi. Kita berterima kasih kepada kabupaten/kota yang sudah berupaya semaksimal mungkin mendapatkan penghargaan ini. Mudah-mudahan ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan," ungkap Siti.

Baca Juga

Editor: Muhammad Haikal