Ini Deretan Nama yang Diisukan Masuk Kabinet, Ada yang Gencar Kritik Pemerintah

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Net)

KLIKPOSITIF - Terdengar kabar Presiden Jokowi akan me-reshuffle beberapa kabinet dalam waktu dekat.

Sejumlah nama diprediksi akan mengisi jabatan-jabatan menteri yang kosong setelah tersandung kasus korupsi. Di antaranya, Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan.

baca juga: Perdagangan Saham Garuda di Bursa Efek Dihentikan

Bersamaan dengan isu tersebut, dilansir dari Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, berikut nama yang digadang-gadang akan menduduki jabatan tersebut.

1. Tri Rismaharini

baca juga: Pertamina Siap Operasikan 12 Storage BBM Baru

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebut berpeluang menjadi Menteri Sosial. Kader dari Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) bahkan sudah berada di Jakarta dan bertemu presiden hari Senin (22/12/2020) ini.

Sebelum menjabat sebagai wali kota, Risma pernah menduduki posisi sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Di bawah kepemimpinannya, Surabaya kini menjadi kota yang bersih dan asri. Bahkan kota yang mendapat sebutan Kota Pahlawan ini berhasil meraih Piala Adipura 2011 untuk kategori kota metropolitan.

baca juga: Junimart Girsang: Penyelesaian Konflik Tanah Harus Perhitungkan Aspek Hukum dan Non Hukum

2. Sandiaga Uno

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menjadi salah satu kandidat nama yang masuk dalam reshuffle kabinet .

baca juga: Tunjang Target Produksi Migas, Menteri ESDM: Kita Perbaiki Iklim Investasi

Sandiaga Uno disebut sebagai kandidat terkuat menjabati Menteri Kelauatan dan Perikanan. Apalagi sebelumnya posisi tersebut dipegang oleh kader Partai Gerindra, kemungkinan Presiden Jokow tidak akan mengganti posisi tersebut di luar kader parpol sebelumnya.

Menanggapi isu tersebut, Wasekjen Partai Gerindra Kawendra Lukistian tidak menjawab lugas. Kawendra yang pernah menjadi juru bicara Sandiaga hanya berharap dan berdoa Jokowi menempatkan orang yang cocok di posisi yang tepat.

"Kami doakan yang terbaik untuk bangsa ya. Dan biarkan pak presiden menggunakan hak prerogratifnya untuk memilih putra-putri terbaik negeri ini untuk menempati posisi yang tepat," ujar Kawendra, Selasa (22/12/2020).

3. F.X. Hadi Rudyatmo

Mantan Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo sedang ramai diperbincangkan. Dia dinilai akan mengisi jabatan sebagai Menteri Sosial.

F.X Hadi Rudyatmo merupakan politikus yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia merupakan pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo bersama Joko Widodo periode 2005-2010 dan 2010-2012.

Pengamat politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto menilai Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo layak mengisi posisi Menteri Sosial (Mensos) yang saat ini lowong.

Satu hal yang membuatnya memberikan keyakinan jika politisi PDI Perjuangan itu layak mengisi jabatan yang ditinggalkan Juliari Batubara karena tersandung kasus korupsi.

Selain Rudy, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma dinilainya juga memiliki peluang yang sama.

"Bila diambil dari kepala daerah, dua sosok itu layak dilihat dari performa. Mereka kader potensial PDIP," ujarnya saat wawancara dengan Solopos.com jaringan informasi Suara.com, Jumat (18/12/2020).

4. Ahmad Basarah

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah disebut layak menjadi Menteri Sosial.

Laki-laki asal Situbondo ini terpilih menjadi Ketua Fraksi MPR RI mewakili partainya pada periode 2014 - 2019.

Kemudian, untuk keempat kalinya Ahmad Basarah menjadi anggota DPR RI diperiode 2019--2024, dan kembali menjadi Wakil Ketua MPR RI bersama 9 orang lainnya.

5. Fadli Zon

Politikus senior Partai Gerindra, Fadli Zon digadang-gadangkan menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP.

Wakil Ketua DPR RI periode 2014 - 2019 ini memang gencar melontarkan kritik terhadap pemerintahan. Tapi banyak pihak menyebut, Fadli Zon bisa saja berpeluang menduduki kursi di kabinet .

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri