Atasi Jalan Rusak di Sungai Geringgiang, Ini Solusi Sementara yang Dilakukan

Pekerja sedang menurunkan drom
Pekerja sedang menurunkan drom (Rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Upaya meminimalisir kerusakan jalan lintas provinsi Kabupaten Padang Pariaman -Kabupaten Agam jalur Sungai Geringgiang dilakukan dengan menambahkan pipa drom untuk pembuangan air.

Perihal tersebut, jalan lintas itu amblas akibat tebing jalan tak kuat menahan debit air. Sudah ada upaya memperbaiki dengan membuat bahu jalan namun usaha tersebut membuat jalan bertambah parah.

baca juga: Sore Ini Seratusan Titik Panas Terpantau di Sumatera, Terbanyak di Riau

"Ini sedang menambah pipa drom, sekitar 40 drom digabung menjadi pipa besar untuk pembuangan air," ungkap Adris, salah satu pekerja, Rabu Desember 2020.

Lebih lanjut Adris menuturkan, upaya pembuatan pipa tersebut agar air yang mengalir menjauh dari tebing jalan.

baca juga: Pemilu 2024, PKB Sumbar Targetkan Masuk 3 Partai Besar

"Pipa yang ada saat ini tidak cukup panjang sehingga air menerjang tebing jalan. Hal ini membuat tebing semakin longsor. Jadi ini salah satu upaya sementara agar kerusakan tidak semakin parah," jelas Adris.

Pantauan KLIKPOSITIF , belasan pekerja tampak berusaha menurunkan pipa drom tersebut dengan menggunakan tali pada kedalaman lebih kurang dua ratus meter.

baca juga: Inilah Cerita CEO Randang Mak Yus, Wirausaha BI Terbaik 2020 Kategori Perkembangan Usaha Tersignifikan

Untuk diketahui juga, saat ini jalan tersebut hanya bisa dilewati oleh satu unit mobil lantaran tebing semakin menyempitkan jalan. Tidak hanya itu, longsor jalan itu juga semakin menyasar pada perumahan warga.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani