Ada Kemungkinan Sandiaga Uno Kembangkan Program OK OCE, Pengamat : Nggak Pernah Liat Hasilnya

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Baru beberapa hari menjabat, konsep Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sudah dikritik oleh pengamat sosial politik Denny Siregar .

Konsep Sandiaga yang dikomentari Denny Siregar terkait kemungkinan pengembangan lebih lanjut program OK OCE yang pernah dirintis ketika mau menjadi wakil gubernur Jakarta dulu.

baca juga: Meski Nilai E-Tilang Lebih Praktis, Pengamat Pertanyakan Sistem Pengembalian Sisa Denda

"Mas Sandi apa nggak ada konsep lain selain OKE OCE ya? Saya capek dengernya, tapi nggak pernah lihat hasilnya," kata Denny Siregar melalui akun Twitter, Kamis (24/12/2020).

OKE OCE merupakan kependekan dari One Kecamatan One Center for Entrepreneurship. Menurut penjelasan Sandiaga ketika masih menjabat wakil gubernur Jakarta (2018), satu kecamatan akan ada satu pusat kewirausahaan dan konsep ini diharapkan menjadi ujung tombak penciptaan lapangan kerja.

baca juga: Dinilai Lebih Siap, Sandiaga Uno Sebut Pariwisata Batam Dulu Dibuka Dibanding Bali

Setelah menjabat menteri, Sandiaga menyatakan akan mendiskusikan dengan jajarannya di Kemenparekraf terkait kemungkinan pengembangan program itu.

"Nanti kita lihat bersama dengan rekan-rekan di sini," kata Sandiaga setelah serah terima jabatan Menparekraf dengan Wishnutama Kusubandio di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu kemarin.

baca juga: Kematian DPO Judi di Solsel, Pengamat: Oknum Polisi yang Lakukan Penembakan Harusnya Dijerat Pasal 338 KUHP

Ia mengatakan, baru saja mendapatkan laporan dari perkumpulan pergerakan OK OCE di lapangan bahwa sebagian besar anggota binaannya bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Fakta itu menjadi potensi besar yang bisa digarap sebagai upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak signifikan oleh pandemi COVID-19.

baca juga: Orang Minang Tak Bisa Jadi Presiden? Pengamat Politik Unand: Memilih Pemimpin Itu Bukan Karena Etnisnya, Tapi...

Namun, Sandiaga mengaku tak ingin gegabah dan terburu-buru melainkan mendiskusikannya lebih jauh dengan jajaran internalnya di Kemenparekraf.

"Kami baru saja mendapatkan laporan dari teman-teman di perkumpulan gerakan OK OCE itu di data mereka yang mereka miliki itu hampir 70 persen bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif jadi tapi kita tidak ingin terburu-buru kita akan diskusikan dengan jajaran," katanya.

Sandiaga menyadari pandemi COVID-19 ini merupakan suatu tantangan yang besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga memerlukan upaya konkret untuk mengembangkannya.

"Namun kita harus optimistis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasti akan segera pulih dan bangkit kembali, seiring teratasinya pandemi ini," katanya.

Sebab menurut Sandiaga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor strategis penyumbang devisa serta pembuka lapangan kerja paling cepat, dan besar.

"Amat penting dalam upaya pemulihan ekonomi kita," kata Sandiaga.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi