Siang Ini Komnas HAM Umumkan Perkembangan Terbaru Kasus Penembakan Laskar FPI

Polisi menunjukkan senjata yang diduga digunakan Laskar FPI pengawal Rizieq Shihab
Polisi menunjukkan senjata yang diduga digunakan Laskar FPI pengawal Rizieq Shihab (net)

KLIKPOSITIF - Siang ini Komnas HAM akan mengumumkan perkembangan penyelidikan kasus enam laskar FPI pengawal Habib Rizieq Shihab. Korban tersebut tewas ditembak polisi di tol Cikampek.

Rencananya lapora perkembangan itu akan disampaikan pada Senin (28/12/2020) siang nanti. Ketua tim penyelidikan Komnas HAM RI Choirul Anam mengatakan, pihaknya akan menyampaikan beberapa temuan di lapangan dan perkembangan penyelidikan.

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

"Akan disampaikan mengenai perkembangan penyelidikan dan hasil temuan lapangan," ujar Anam kepada wartawan, Senin (28/12/2020) dilansir dari Suara.com.

Laporan ini nantinya akan disampaikan langsung kepada awak media di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat. Selama konferensi pers, ia mengharapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 tetap dilaksanakan.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

"Mengingat konferensi pers dilaksanakan secara langsung," katanya.

Sebelumnya, Komnas HAM sudah melakukan penyelidikan enam laskar FPI itu sejak 7 Desember 2020 lalu. Mereka melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 tak lama setelah kejadian.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Setelah itu beberapa pihak juga dipanggil, mulai dari Jasa Marga, kepolisian, keluarga korban, pihak FPI , hingga dokter forensik yang melakulan autopsi terhadap jenazah.

Sementara pihak kepolisian dan FPI juga memiliki keterangan berbeda terkait peristiwa ini. Kepolisian mengaku diserang pengawal Rizieq, sedangkan FPI sebaliknya.

baca juga: Infrastruktur Merata, Investasi di Luar Jawa Semakin Meningkat

Editor: Ramadhani