Tidak Butuh Ucapan Selamat Natal, Natalius Pigai: Jalankan Saja Agamamu dengan Benar

Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai
Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai (Net)

KLIKPOSITIF - Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai angkat bicara mengenai ucapan selamat Natal yang diucapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang biasa disapa Gus Yaqut.

Pigai mengklaim tidak membutuhkan ucapan Selamat Natal dari Gus Yaqut. Pernyataan tersebut disampaikan Natalius melalui akun Twitter miliknya @nataliuspigai2.

baca juga: Percepat Penanganan Covid-19, Menkeu Dorong Akselerasi Penggunaan Anggaran

Dalam cuitannya, dia mengunggah satu foto tangkapan layar dalam artikel berita yang mewartakan Gus Yaqut memberikan ucapan natal .

"Saya tegas! Tidak butuh ucapan natal , baik 'tidak tulus' juga 'berlebihan' dari luar Kristiani," kata Natalius seperti dikutip Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Minggu (27/12/2020).

baca juga: PPKM Mikro Berlaku Mulai Besok, Begini Ketentuannya

Natalius meminta agar Gus Yaqut menjalankan agamanya sendiri dengan benar, tak perlu memberikan ucapan selamat natal kepada umat Kristiani.

"Jalankan saja agamamu dengan benar," ungkapnya.

baca juga: Pemerintah Geser Hari Libur Nasional, Ini Kata Ketua PP Muhammadiyah

Ia mengaku jarang memberikan respons setiap kali mendapatkan ucapan natal dari orang yang bukan beragama Kristen.

Pasalnya, Natalius menilai perayaan natal masuk dalam forum internum, bukan eksternum.

baca juga: Buya Syafi'i: Indonesia Banyak Politisi dan Krisis Negarawan, Presidensil Rasa Parlementer

"Tiap ucapan natal dari non Kristiani jarang saya merespons karena itu dorum internum (urusan kami), bukan forum eksternum (urusan kita)" katanya.

Menag Pertama yang Sebut Yesus Kristus

Sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan ucapan selamat natal mendapatkan respons positif dari publik.

Gus Yaqut, panggilan akrab Yaqut, dinilai sebagai Menteri Agama pertama yang menyebut nama Yesus Kristus dalam ucapan selamat Natal .

Menteri agama setiap tahun memberikan ucapan selamat Natal kepada Umat Kristiani, namun ucapan natal yang diungkapkan oleh Gus Yaqut dinilai lebih detail dan memiliki makna mendalam.

Sambutan berisi ucapan selamat natal tersebut diunggah dalam kanal YouTube Kementerian Agama pada 23 Desember 2020.

Salah seorang warganet dengan akun Hansottawa mengaku sangat tersentuh dengan ucapan natal dari Gus Yaqut yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengganti Fachrul Razi itu tanpa basa basi menyebut nama Yesus Kristus hingga mengutip kata dari Alkitab dalam sambutannya.

Sikap Gus Yaqut tersebut dinilai merupakan sesuatu yang baru dan belum pernah dilakukan oleh Menteri Agama sebelumnya.

"Pertama kali dalam hidup saya mendengar ucapan selamat Natal dari seorang Menteri Agama yang tak hanya basa basi, beliau tak sungkan dalam menyebut nama Yesus Kristus dan menyadur kata dari Alkitab dalam sambutannya," kata akun itu.

Ucapan Selamat Natal dari Menag

Gus Yaqut menyampaikan ucapan Selamat Natal kepada umat Kristiani yang merayakannya. Sambutan ucapan Natal tersebut merupakan pidato pertamanya usai dilantik menjadi Menag .

Dalam Perayaan Natal tahun ini, Kementerian Agama mengangkat tema 'Mereka Akan Menamakannya Imanuel'.

"Saudara sebangsa dan setanah air, khususnya umat Kristiyani yang berbahagia, Natal tahun ini mengusung tema 'Mereka Akan Menamakannya Imanuel'" kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut menjelaskan makna dari tema perayaan natal tahun ini.

"Melalui tema Natal ini kita diingatkan bahwa penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa ada menaungi kita sekalian. Kita memiliki harapan dan pertolongan selakalipun berada di masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini," ungkapnya.

"Sebagaimana Yesus Kristus yang lahir sebagai pengajar kebaikan, kesederhanaan dan sosok yang memberi perhatian kepada kaum lemah, serta cinta kasih kepada sesama," katanya.

Editor: Eko Fajri