Dua Pendaki Asal Jambi Alami Hipotermia di Gunung Talamau

Susana Korban Urip Mulyono tengah dirawat oleh tim evakuasi di Pos 1 Janjang Seribu
Susana Korban Urip Mulyono tengah dirawat oleh tim evakuasi di Pos 1 Janjang Seribu (Istimewa)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Dua orang pendaki gunung asal Provinsi Jambi dilaporkan mengalami Hipotermia atau kedinginan yang berlebihan di Gunung Talamau, Kabupaten Pasaman Barat .

"Benar, saat ini kedua pendaki asal Jambi, Urip Suryono (17) dan Suhendri (20) tengah dalam proses evakuasi," sebut Ketua Kelompok Pecinta Alam Artatala Pasaman Barat , Ruswar Dedison saat dihubungi KLIKPOSITIF , Jumat (1/1/2021) malam.

baca juga: Masih Pandemi, Objek Wisata di Pasbar Tutup Selama Lebaran

Menurutnya kedua pendaki ini mengalami hipotermia ketika hendak naik menuju puncak Gunung Talamau di ketinggian sekitar 1.600 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Kedua pendaki ini bersama kelompoknya dengan jumlah 10 orang mulai naik pada Selasa (29/12/2020) kemaren. Namun belum sampai ke puncak gunung dengan ketinggian 2.913 mdpl kedua pendaki ini mengalami hipotermia.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

"Kita ingin meluruskan terkait informasi yang beredar. Kedua korban bukan tergelincir, mereka mengalami Hipotermia di ketinggian 1600 mdpl karena tidak tahan dengan cuaca yang ekstrim selama mendaki," katanya.

"Sekarang kedua pendaki ini sedang proses evakuasi oleh tim yang terdiri dari tim SAR Pos Pasaman, tim pos jaga Janjang Seribu, tim Kelompok Pecinta Alam dan tim Geopark Talamau," sambungnya.

baca juga: Ringankan Beban Warga di Tengah Pandemi Corona, PT SBS Bagikan 314 Paket Sembako

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera