Bubarkan Kerumunan dan Tegur Pemilik Cafe di Pantai Carocok, Ini Penjelasan Kadis Pol PP-Damkar Pessel

Operasi yustisi malam tahun baru di Pessel
Operasi yustisi malam tahun baru di Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Tim Terpadu Penegak Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat membubarkan aktivitas masyarakat saat berkunjung di sejumlah objek wisata saat malam pergantian baru di daerah setempat.

Kepala Dinas Pol PP-Damkar Pessel , Dailipal mengungkapkan, sedikitnya tim gabungan membubarkan empat titik kerumunan masyarakat yang terdapat di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan, Mandeh dan di Kecamatan Bayang.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Bantuan Safari Ramadan Rp7,5 Juta Per Masjid dan Musala

"Tim berhasil membubarkan empat titik kerumunan massa dan menegur dua kafe," ungkap Dailipal, Jumat 1 Januari 2021 kemarin.

Ia menjelaskan, peneguran untuk pemilik kafe dan pengelola wisata diberi teguran keras dan diminta untuk tidak melayani pengunjung sesuai imbauan yang telah dibuat pemerintah.

baca juga: Agendakan 55 Kunjungan, Begini Teknis Safari Ramadan Pemkab Pessel Tahun Ini

"Secara umum masyarakat sudah mematuhi imbauan pemerintah untuk tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumuman massa skala besar pada malam pergantian tahun," terangnya.

Sebelumnya diketahui, pemerintah setempat mengeluarkan surat edaran nomor 100/STC- 19/XII/2020 tentang larangan melakukan kegiatan perayaan peringatan tahun baru 2021, seperti panggung hiburan dan sejenisnya.

baca juga: Dukung Program Kelautan dan Nelayan, Ini Komitmen Bupati Pessel dengan Danlantamal II Padang

Selain itu Pemkab, Gubernur Sumatera Barat, juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Sumatera Barat Nomor 06/ED GSB-2020 tanggal 29 Desember 2020 tentang pengendalian menciptakan suasana kondusif serta aman Covid-19 pada malam tahun baru 2021, dan meminta bupati/wali kota menutup objek wisata mulai 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.

Untuk menyebarluaskan informasi tersebut Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , mengeluarkan surat nomor 100/449/STC-XII/2020 tanggal 30 Desember, perihal pemberitahuan.

baca juga: Tabligh Akbar di Masjid Terapung Pessel, Umi Pipik Ajak Umat Islam Suci Hati Sambut Ramadan

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi