Rumah Hancur Diterjang Putih Beliung dan Suami Terbaring Sakit, Keluarga Montir di Mata Air Dapat Bantuan Andre Rosiade

Tim DPD Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Anggota DPR RI Andre Rosiade kepada keluarga Rosnita di Mata Air, Padang Selatan, Kota Padang.
Tim DPD Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Anggota DPR RI Andre Rosiade kepada keluarga Rosnita di Mata Air, Padang Selatan, Kota Padang. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Angin putih beliung yang memporak-porandakan sebagian rumahnya setahun lalu, masih menyisakan duka bagi Rosmaini, seorang ibu rumah tangga.

Bagaimana tidak, akibat puting beliung tersebut, rumah perempuan berusia 58 tahun yang berada di Jalan Koto Kaciak, RT 02, RW 10, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang itu, tak bisa lagi dihuni.

Kini, Rosmaini bersama suaminya bernama Alwil Can (64) dan seorang anaknya, untuk sementara tinggal menumpang di rumah kakak kandungnya yang tak jauh dari rumah mereka.

baca juga: Solar Langka di Sumbar, Andre Rosiade Langsung Komunikasi dengan Pertamina

"Tidk tahu kami dengan apa diperbaiki rumah ini. Sudah hancur benar, sudah setahun tidak dihuni. Kini kami pasrah saja. Untuk sementara, saya dan kekuarga menumpang di rumah kakak kandung saya," kata Rosmaini saat dikunjungi tim DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar ke rumahnya, akhir pekan lalu.

Menurut Rosmaini, suaminya sudah beberapa tahun terakhir tak lagi bisa bekerja karena stoke. Biasanya menjadi montir, namun umur yang senja dan kesehatan yang rapuh, membuatnya tumbang.

baca juga: Keliling Sumbar, Andre Rosiade Bagikan Sembako sampai Resmikan Pertashop

Sejak itu pulalah, Rosmaini mengaku bahwa ekonomi keluarganya menurun, ditambah lagi rumah peninggalan orangtua yang telah dihuni puluhan tahun lamanya hampir roboh.

"Sekarang berpandai-pandai saja. Anak saya enam, satu orang masih tinggal sama saya. Yang lain memang sudah lepas, tapi masih mencari hidup sendiri-sendiri. Belum banyak membantu," kata Rosmaini.

baca juga: Andre Rosiade Ingin BSI jadi Bank Syariah Sepenuhnya

Menurut Rosmaini, meski untuk sementara dia dan keluarganya menumpang di rumah kakak kandungnya bernama Emi (66) yang merupakan seorang janda, namun dirinya dan keluarga tentu dia tidak bisa mengandalkan hidup bergantung dengan kakaknya yang hanya menerima pensiunan dari almarhmum suaminya.

Oleh sebab itu, kedatangan tim DPD Gerindra Sumbar ke tempat dirinya tinggal untuk mengantarkan bantuan sembako dan uang tunai dari Anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade melalui kader Gerindra, sangat membantu kebutuhan keluarganya.

baca juga: Andre Rosiade: Program Laku Pandai Bisa jadi Penggerak Ekonomi

"Terima kasih pak Andre Rosiade . Uang ini bisa untuk membantu kehidupan kami sekeluarga dan juga berobat suami saya," kata Rosmaini. Dia mendoakan Andre Rosiade dan Partai Gerindra terus sukses karena sangat banyak membantu masyarakat Sumbar.

"Mudah-mudahan semuanya semakin sukses dan menjadi amal pahala di sisi Allah. Doakan kami juga bisa kembali merehab rumah ini," kata Rosmaini yang mengaku telah mencoba memasukkan permohonan bedah rumah, tapi belum dapat jawaban.

Dia berharap, rumah tuanya itu kembali bisa diperbaiki dan ditinggali bersama keluarganya. "Kami masih berusaha, kalau tidak rumah ini akan semakin rusak dan bisa roboh. Semoga pemerintah atau ada lembaga yang mau membantu perbaikan rumah kami ini," kata Rosmaini.

Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida yang mengantarkan bantuan bersama Alwis Ray (wakil sekretaris), Rina Shintya (wakil sekretaris) dan Zulkifli (wakil bendahara) mengaku tak menyangka kondisi rumah Rosmaini yang memprihatinkan.

"Kami dapat informasi dari seorang aktivis sosial di Mata Air soal rumah dan keluarga bu Ros ini. Kami datang dan serahkan bantuan," katanya.

Andre Rosiade mengaku terharu dengan cerita keluarga Rosmaini. Seorang ibu rumah tangga yang kini merawat suami yang sedang sakit dan membesarkan anak. Ditambah rumah yang rusak dan belum diperbaiki.

"Kehidupan ibu Ros memang memprihatinkan. Kami mengirimkan bantuan, agar keluarga bisa bertahan di tengah pandemic Covid-19 ini," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (*)

Editor: Riki