Rakyat Suka Pemimpin yang Blusukan, Akankah Risma Ikuti Jejak Jokowi?

Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan ke kolong jembatan Pegangsaan, Jakarta
Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan ke kolong jembatan Pegangsaan, Jakarta (Kemensos)

KLIKPOSITIF - Blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini ke sejumlah sudut Ibu Kota Jakarta menarik perhatian sejumlah kalangan dan mereka pun mendiskusikannya. Ada yang mengapresiasi sebagai murni kerja, ada pula yang meyakini gaya Risma mengarah ke persiapan pemilihan gubernur Jakarta tahun 2022.

Menurut analis politik Rustam Ibrahim, publik menyukai pemimpin yang bersedia turun ke lapangan dan bertemu masyarakat ketimbang yang hanya pandai bicara. Dan menurut Rustam Ibrahim, Joko Widodo telah membuktikan.

baca juga: Perdagangan Saham Garuda di Bursa Efek Dihentikan

"Nyatanya rakyat suka pemimpin yang kerjanya blusukan dan bersihkan gorong-gorong, dari tokoh parlente yang pintar pidato. Jokowi buktinya jadi gubernur DKI dan Presiden dua periode," kata Rustam Ibrahim yang dinyatakan lewat media sosial , Rabu (6/1/2021).

Jokowi dan Risma dinilai memiliki kesamaan, terutama dalam konteks blusukan .

baca juga: Harga Emas Terus Turun, Hari Ini Dijual Rp 920 Ribu Per Gram

"Ibu Risma juga suka blusukan , menyapu jalan dan membersihkan gorong-gorong. Akankah beliau mengkuti jejak Jokowi ?" kata Rustam Ibrahim.

Dalam pandangan peneliti kebijakan publik dari lembaga Political and Public Policy Jerry Massie, kegiatan Risma merupakan bagian dari manuver politik , tetapi momentumnya belum tepat.

baca juga: Pertamina Siap Operasikan 12 Storage BBM Baru

"Ini gaya blusukan mengarah ke DKI 1," kata Jerry kepada Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Selasa (5/1/2021).

"Seharusnya grand strategy apa yang harus dibuat. Ataupun pendataan. Saya nilai ini akan terus berlanjut sampai pilpres 2024," Jerry menambahkan.

baca juga: Junimart Girsang: Penyelesaian Konflik Tanah Harus Perhitungkan Aspek Hukum dan Non Hukum

"Ini bagian political imaging atau pencitraan politik . Gaya wali kota Surabaya mau coba dia terapkan di ibu kota. Barangkali waktu dan tempat berbeda," kata Jerry.

Jerry menilai gaya yang ditunjukkan Risma sekarang sama seperti gaya Presiden Joko Widodo dulu, semenjak masih menjadi wali kota Solo.

"Memang blusukan gaya Jokowi juga waktu di Solo. Paling publik akan pertanyakan ini murni politis atau murni humanis," katanya.

Menurut Jerry, di tengah pandemi Covid-19, tak perlu banyak blusukan dulu.

"Sekarang mensos dibutuhkan konsep dan peduli. Tak perlu hadir pun tapi bisa mengatur dan menyiapkan logistik dengan baik itu sudah bagus," kata Jerry.

Jerry menduga kegiatan blusukan yang dilakukan Risma di Jakarta merupakan bagian dari strategi politik untuk "menjegal Anies di DKI dan untuk running 2024 mendatang."

Jerry menilai nama Risma mulai dikait-kaitkan untuk bursa pemilu tahun 2024.

"Tapi untuk PDIP sendiri barangkali mereka menyimpan amunisi seperti saudara Puan yakni Prananda Prabowo. Tapi tak tertutup kemungkinan Risma menjadi kartu AS."

Jerry mengatakan posisi menteri sosial merupakan tempat yang strategis untuk melangkah lebih jauh. "Tinggal racikan dan ramuan politiknya seperti apa?"

Tapi Jerry menyarankan agar lebih baik Risma fokus dulu menjalankan tugas Kementerian Sosial . "Tunjukkan saja ethos dan performa kerja yang sesuai harapan publik."

Editor: Eko Fajri