Kepala Bappeda Sumbar: Teluk Tapang Akan Bangkitkan Perekonomian

Kepala Bappeda Sumatera Barat, Hansastri
Kepala Bappeda Sumatera Barat, Hansastri (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Kepala Bappeda Sumatera Barat, Hansastri menyebutkan Kabupaten Pasaman Barat bukan lagi daerah yang tergolong daerah tertinggal.

"Secara nyata kita bisa melihat kehidupan masyarakat. Saat ini kita banyak berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat ," sebut Hansastri, Kamis (7/1/2021) di Simpang Empat.

baca juga: Sopir Truk Sawit Mengaku Ditodong Pistol dan Ditampar, Ini Penjelasan Ketua DPRD Pasbar

Menurutnya kolaborasi itu dalam rangka pembangunan proyek besar Teluk Tapang di Kabupaten Pasaman Barat . Proyek itu juga masuk dalam RPJM Nasional.

"Sekarang proyek yang besar di Kabupaten Pasaman Barat adalah Teluk Tapang yang di dalam RPJM Nasional itu termasuk di dalamnya dengan dana Rp800 miliar lebih," jelasnya.

baca juga: Ditodong Pistol dan Ditampar, Sopir Truk Sawit Laporkan Ketua DPRD Pasbar

Ia mengatakan nantinya pelabuhan laut itu kalau sudah beroperasi akan banyak membangkitkan perekonomian Sumatera Barat maupun daerah-daerah sekitarnya.

"Dalam dua hari lagi, kapal perintis sudah mulai beroperasi. Baru satu yang akan beroperasi keliling ke Sibolga dan ke tempat lain kemudian selalu secara rutin selalu parkir di sini," katanya.

baca juga: Kapolda Sumbar Tegaskan Agar Tidak Ada Lagi Kasus Perusakan dan Pembakaran Hutan

"Kalau ini sudah beroperasi normal, banyak kapal-kapal yang akan berlabuh bukan hanya kapal perintis," sambungnya.

Selain itu, jika hasil pertanian mentah bisa diolah lebih lanjut, harga - harga hasil tani itu akan lebih stabil dengan hasil pertanian mentah. Misal jagung, hasil tani ini dikelola menjadi pakan ayam.

baca juga: Ribuan Hektare Kawasan Hutan di Pasbar Dirusak, Polisi Periksa 30 Warga

"Jika hasil tani ini dikelola dengan baik harganya akan lebih stabil dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat kita di Pasaman Barat ," terangnya.

Hansastri juga menambahkan di usia 17 tahun Pasaman Barat banyak pencapaian dan terobosan yang sudah terlihat, seperti telah keluar dari daerah yang tergolong daerah tertinggal.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-17 kepada Kabupaten Pasaman Barat ," tutupnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera