Kasus Covid-19 Terus Melesat, Mendagri Sebut Faktor Pemicunya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jumlah kasus Covid-19 terus bertambah dan telah mencapai rekor baru. Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian mengatakan kejenuhan menjadi faktor utama yang menyebabkan kedisplinan protokol kesehatan Covid-19 berkurang.

Menurut Tito faktor tersebut wajar dirasakan oleh masyarakat maupun petugas yang menanganinya sekalipun. Tito melihat masyarakat jenuh ketika harus menjalani aktivitasnya di tengah pandemi Covid-19. Kemudian masyarakat juga kerap ikut melonggarkan protokol kesehatan semisal pemerintah mulai melonggarkan kebijakannya.

baca juga: Perdagangan Saham Garuda di Bursa Efek Dihentikan

"Mungkin karena jenuh berkepanjangan hal yang sama. Yang kedua melihat terjadi pelonggaran-pelonggaran akhirnya jadi ikut-ikutanan longgar juga. Lalai," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021) dilansir dari Suara.com.

Selain masyarakat, petugas yang menjaga jalannya protokol kesehatan juga tidak dipungkiri mengalami kejenuhan. Karena itu menurutnya perlu ada langkah terbaru untuk mengembalikan semangat para petugas tersebut.

baca juga: Pertamina Siap Operasikan 12 Storage BBM Baru

Salah satu langkah yang dilakukan Tito ialah dengan menerbitkan Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. "Instruksi Mendagri bukan didasarkan keputusan saya sendiri. Itu adalah sarana formalnya, ini adalah hasil rapat tiga menteri koordinator," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Kapolri tersebut juga menilai kalau penerapan sanksi di daerah bisa digenjot kembali. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir penularan Covid-19.

baca juga: Junimart Girsang: Penyelesaian Konflik Tanah Harus Perhitungkan Aspek Hukum dan Non Hukum

"Kalau kerumunan besar lain-lain yang melanggar UU penyakit menular oleh Polri bisa dipidana. Kalau seandainya melanggar pelanggaran lain oleh Perda atau Perkada, bisa dari Pelri dan Satpol PP."

Editor: Ramadhani