Bandara Pusako Anak Nagari di Pasaman Barat Kembali Buka Rute Penerbangan

Bupati Pasaman Barat, Yulianto usai memeriksa kondisi pesawat sebelum melepas penerbangan perdana
Bupati Pasaman Barat, Yulianto usai memeriksa kondisi pesawat sebelum melepas penerbangan perdana (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sempat vakum selama dua tahun, Bandara Pusako Anak Nagari di Kabupaten Pasaman Barat kembali dibuka. Bandara ini satu - satunya bandara yang bertaraf lokal di Sumatera Barat.

"Hanya Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki bandara yang bertaraf lokal selain Bandara Internasional Minangkabau," sebut Bupati Pasaman Barat , Yulianto, Jumat (8/1/2021).

baca juga: Libur Lebaran, Seluruh Objek Wisata di Pasaman Barat Tutup

Suasana haru dan bahagia yang tak terhingga tampak di wajah Bupati Pasaman Barat itu saat melepaskan penerbangan pesawat Susi Air di Bandara Pusako Anak Nagari .

"Bandara ini sempat tak beroperasi untuk penerbangan selama dua tahun. Bandara ini merupakan kebanggaan masyarakat Pasaman Barat ," kata Bupati Yulianto didampingi Kepala Bandara Eva Wardi Putra.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Menurutnya bandara penerbangan ini merupakan aset masyarakat Kabupaten Pasaman Barat . Untuk itu ia memohon untuk selalu diberikan dukungan agar Bandara Pusako Anak Nagari ini kembali jaya.

"Kami imbau, kepada masyarakat Pasaman Barat maupun di luar Pasaman Barat . Bahwa Bandara Pusako Anak Nagari sudah kembali membuka rute ke Pekanbaru," imbaunya.

baca juga: Tiga Napi Melarikan Diri dari Lapas Kelas III Talu Pasbar, Ini Cara Mereka Kabur

Yulianto berharap bandara ini bisa sukses ke depannya, agar bisa menjadi kebanggaan masyarakat Pasaman Barat . Sebab, ini satu - satunya bandara yang berada di Kabupaten selain Bandara BIM," tutupnya.

Sementara itu Kepala Bandara Anak Pusako Nagari, Eva Wardi Putra menyebutkan penerbangan akan dilakukan rute Pekanbaru - Pasaman Barat dan Pasaman Barat - Pekanbaru.

baca juga: Gabungan Organisasi Kepemudaan Santuni 70 Orang Anak Yatim di Nagari Kajai Pasbar

Sedangkan untuk jadwal penerbangan dari Pekanbaru - Pasaman Barat sekitar pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat - Pekanbaru pukul 10.20 WIB. Kemudian untuk ongkos, Pasaman Barat - Pekanbaru hanya Rp311.100 dan Pekanbaru - Pasaman Barat Rp356.100.

"Sekali penerbangan bisa membawa 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat. Hanya dengan waktu 45 menit kita sudah sampai," jelasnya.

Eva Wardi Putra juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyetujui penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari itu. Sebab kata dia sangat membantu warga Pasaman Barat .

"Setelah kita berjuang, akhirnya bandara ini kembali dibuka untuk penerbangan. Ini hasil menghadiri Rakortis penerbangan di Batam pada Februari 2020 lalu," ungkapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi