Kadinsos Padang Sebut Pengemis dan Pemulung di Padang Terkoordinir

Pengemis di Pasar Raya Padang
Pengemis di Pasar Raya Padang (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Sosial Kota Padang , Afriadi menyebut bahwa pengemis di Kota Padang sudah terkoordinir oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Dari penelusuran kami, pengemis yang ada di Kota Padang ini sudah dikoordinir oleh seseorang. Tujuannya kami masih belum mengetahuinya," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF .com, Senin 11 Januari 2021.

baca juga: Pasokan Ikan Berkurang di Pasar Raya Padang, Harga Tetap Stabil

Ia mengatakan, untuk pemulung dan anak jalanan yang kerap berada di sepanjang Jalan Sudirman dan Ahmad Yani telah diamankan beberapa waktu lalu. "Kami megamankan mereka dan mereka sudah kami mintai keterangan terkait keberadaan mereka di lokasi tersebut," lanjutnya.

Menurutnya, pemulung dan pengemis yang berada di dua lokasi tersebut diantarkan menggunakan mobil dan disuruh berada di lokasi tersebut seharian.

baca juga: Harga Cabai di Pasar Raya Padang Anjlok, Ini Penyebabnya

"Mereka diantar dan dijemput kembali dengan menggunakan mobil. Bahkan barang-barang seperti botol plastik yang mereka bawa juga dibawakan menggunakan mobil," lanjutnya.

Untuk hal tersebut, pihaknya masih mendalami, siapa yang berada di balik semua itu dan akan menyelidikinya bersama instansi terkait.

baca juga: Pemko Pariaman Belajar Strategi Pengelolaan Wisata Sejarah ke Walikota Medan

"Nanti kami akan mencari tahu siapa yang mengantarkan mereka. Karena saat kami mintai keterangan, mereka menyatakan tidak tahu," lanjutnya.

Untuk pemulung dan pengemis yang diamankan tersebut sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing. Karena yang diamankan tersebut bukan merupakan warga Kota Padang .

baca juga: Terima Kunjungan Ombudsman, Wabup Pessel: Peningkatan Pelayanan Publik Sesuatu yang Mutlak

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani