Dampak Positif Pembangunan Perkantoran dan Lapangan Olahraga Outdoor untuk Pasar Padang Kaduduak

Kabid Pasar Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Arnel.
Kabid Pasar Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Arnel. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pembangunan pusat perkantoran dan lapangan olahraga outdoor Payakumbuh Bugar memberikan dampak positif untuk Pasar Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara yang sebelumnya sepi.

Dengan ramainya masyarakat yang berkunjung ke kawasan Padang Kaduduak membuat para pedagang juga mulai rutin membuka kiosnya. Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Arnel mengatakan, terdapat sebanyak 84 kios pedagang di pasar yang dibangun dari dana APBN tersebut.

baca juga: 3 Tahun Jabat Ketua PN Tanjungpati, Herry Cahyono Kini Jabat Ketua PN Serang IA

"Sekitar 85 persen kios sudah terisi dan saat ini masih ada pedagang yang mengajukan keinginannya untuk dapat berjualan di Pasar Padang Kaduduak," kata dia.

Ia mengatakan masyarakat yang ingin berdagang memang tidak ditentukan atau diberikan syarat apa yang harus didagangkannya.

baca juga: Edarkan Uang Palsu di 10 TKP, Pria Asal Lima Puluh Kota Diringkus Polres Payakumbuh

Pedagang hanya perlu memastikan kesiapan untuk membuka kiosnya setelah menandatangani surat pernyataan untuk benar-benar berdagang di kios Pasar Padang Kaduduak.

"Sekarang itu bagaimana Pasar Padang Kaduduak ini dapat terisi dan aktivitas pasar berjalan yang tentunya akan berdampak kepada perekonomian masyarakat Payakumbuh ," ujarnya.

baca juga: Kerugian Pesantren Cahaya Islam Karena Kebakaran Lebih Rp400 Juta, Bantuan Bisa Dikirim ke Rekening Ini

Ia mengatakan untuk memastikan aktivitas pedagang setiap hari, bidang pasar telah menyediakan petugas yang berkantor langsung di pasar tersebut.

"Kami ambil absen petugas setiap hari. Tujuh hari pertama setelah diserahkan dan kedai tidak juga dibuka, pedagang akan diberi teguran satu. Setelah tiga hari itu tidak juga buka, kios akan dikunci," kata dia.

baca juga: Disnakerperin Payakumbuh Maksimalkan Pelatihan untuk Menekan Angka Pengangguran

Apabila tiga hari setelah dikunci, jika pedagang yang bersangkutan tidak juga melapor dan buka, kios tersebut akan diganti atau diserahkan kepada pedagang lainnya.

Terkait retribusi, pihaknya saat ini belum melakukan pungutan sampai dengan kondisi atau aktivitas di Pasar Padang Kaduduak telah mulai ramai dan pendapatan pedagang telah stabil.

"Sekarang mereka masih berjuang terlebih situasi pandemi COVID-19 yang membuat banyak sektor terdampak termasuk pedagang kita di Payakumbuh . Jika sudah memungkinkan, baru dipikirkan retribusinya," ujarnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat