DPRD Pasaman Barat Melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa Peringati Hari Jadi Ke-17

Suasana saat sidang paripurna istimewa DPRD Pasaman Barat di Gedung Palemen Padang Tujuh
Suasana saat sidang paripurna istimewa DPRD Pasaman Barat di Gedung Palemen Padang Tujuh (Ist)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sidang Paripurna Istimewa DPRD memperingati hari ulang tahun Kabupaten Pasaman Barat ke 17 tahun di masa pandemi COVID-19 berjalan sukses meski ditengah pandemi Corona.

Sidang paripurna istimewa tersebut dilaksanakan tidak seperti biasanya. Sebab, dimasa pandemi Corona ini jumlah peserta dan harus mengikuti standar protokoler kesehatan.

baca juga: Libur Lebaran, Seluruh Objek Wisata di Pasaman Barat Tutup

Meski demikian, sidang paripurna ini tetap bisa dilihat secara virtual dan disiarkan secara langsung di media sosial oleh Kominfo Pasaman Barat . Sementara dari pemerintah propinsi yakni Gubernur Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Bappeda Sumatera Barat, Hansastri.

Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat menyampaikan pidato dan rangkaian pembangunan dan penghargaan tang diraih semasa kepemimpinannya
Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat menyampaikan pidato dan rangkaian pembangunan dan penghargaan tang diraih semasa kepemimpinannya

Selain Hansastri turut dihadiri oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Rezka Oktoberia, Anggota DPRD Sumbar Yunisra Syahiran, Ketua DPRD Kabupaten Madina. Disamping itu terlihat Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada 2020 Hamsuardi dan Risnawanto.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

Menurut Ketua DPRD Pasaman Barat , Parizal Hafni menyampaikan selama 17 tahun usia Kabupaten Pasmaan Barat. Pemerintahan bersama masyarakat senantiasa melakukan upaya pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rapat Paripurna Anggota DPRD Pasaman Barat
Rapat Paripurna Anggota DPRD Pasaman Barat

Baik itu pembangunan jangka panjang dan jangka menengah. Banyak terobosan terbaru yang sudah terlaksana, meski ada yang belum bisa dilakukan karena ada nya wabah Corona, sehingga anggara banyak terserap untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

baca juga: Tiga Napi Melarikan Diri dari Lapas Kelas III Talu Pasbar, Ini Cara Mereka Kabur

"Kita berharap Pasaman Barat terus maju dan selalu membuat kebijakan terobosan-terobosan untuk kepentingan masyarakat Pasaman Barat dan terima kasih atas pengabdian Bupati Pasaman Barat beserta jajarannya," harapnya.

Bupati Pasaman Barat, Yulianto bersama para Forkopimda
Bupati Pasaman Barat, Yulianto bersama para Forkopimda

Sementara itu Bupati Pasaman Barat , Yulianto menyampaikan pembenahan dalam berbagai bidang terus dilakukan didaerah itu. Baik itu dalam bidang pembangunan keagamaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

baca juga: Gabungan Organisasi Kepemudaan Santuni 70 Orang Anak Yatim di Nagari Kajai Pasbar

Sesuai dengan Visi dan Misi Pembangunan Daerah Jangka Panjang Tahun 2005 - 2025 maupun Jangka menengah Tahun 2016 - 2021 yang telah dilakukan antara lain.

Pembangunan masjid Agung Pasaman Barat , Pembangunan RSUD Pratama Ujung Gading dan evaluasi hasil belajar di semua lini pada tahun 2020 sudah menunjukkan perbaikan. hal ini terlihat dari semakin baiknya posisi Pasaman Barat pada indikator - indikator pendidikan.

Selain itu dalam hal upaya pembangunan fisik selama lima tahun terakhir antara lain pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dan akses Jalan Pelabuhan Teluk Tapang dan pembukaan jalan batu melalui kemitraan dengan TNI.

Dana Desa dan Dana Nagari yang dialokasikan minimal 10 persen dari APBD sejak tahun 2016. Hal ini telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan Kabupaten Pasaman Barat .

Kemudian pengerasan daerah tertinggal melalui pemanfaatan dana DAK seperti pembangunan Jalan Sikabau, Gaming Tengah dan Taming Julu serta pembangunan unit sekolah baru dan rehab kelas di daerah tertinggal.

Selanjutnya cetak sawah baru seluas 273 hektar sejak tahun 2016, pembangunan destinasi wisata di kawasan pantai Sasak, pembangunan Pasar dan pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi dan penanggulangan daerah blank spot,dan daerah tertinggal.

Seterusnya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Nagari (Bumnang) dan diawal tahun 2021 ini, penerbangan melalui Bandra Pusako Maka Nagari telah kembali aktif dengan rute penerbangan Pasaman Barat - Pekanbaru dan sebaliknya.

Sedangkan dibidang pembangunan sosial budaya, banyak hal telah diupayakan oleh pemerintah bersama masyarakat seperti penanggulangan dan pencegahan stunting secara integrasi, promosi dan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat.

Kemudian promosi gemar membaca melalui program literasi, pencegahan dan penanggulangan Virus Corona dan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pembangunan sarana dan prasarana perizinan, serta pelayanan administrasi kependudukan dengan tekhnologi informasi.

Untuk angka kemiskinan di Pasaman Barat menurun dari 7,40persen pada tahun 2016 menjadi 7,14 persen pada tahun 2019. Sementara indek pembangunan manusia meningkat dari 66,03 persen pada tahun 2016 menjadi 68,49 persen pada tahun 2020.

"Alhamdulillah, pada tahun 2019 Pasaman Barat telah dinyatakan keluar dari ketertinggalan. Selain itu kita juga banyak menorehkan prestasi, baik ditingkat provinsi maupun nasional," ungkapnya.

Adapun prestasi ditingkat provinsi maupun pada tingkat Nasional antara lain Kabupaten Pasaman Barat telah mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan Keuangan Daerah selama lima tahun terakhir.

Kemudian penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asazi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM ditahun 2019 sampai 2020, penghargaan Pustaka Nagari Terbaik I Nasional yang diraih oleh Nagari Koto Baru di tahun 2019 dan pustaka Nagari Terbaik I tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Penghargaan tingkat kepatuhan pelayanan Publik sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dengan predikat Kepatuhan Tinggi, penghargaan Manggala Karya Kencana Tingkat Nasional dari BKKBN dan Predikat Pratama dalam penyelenggaraan kabupaten Layak Anak Tahun 2019.

Selanjutnya penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif pada Innovative Government Award (IGA) tahun 2020, peringkat I pelaksana Aksi Konvergensi pe pencegahan Stunting di propinsi Sumatera Barat pada tahun 2019 dan 2020.

Peringkat ke 2 dalam transparansi pengelolaan Dana Desa 2019 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kategori tertinggi Swasti Saba Wistara pada penyelenggaraan Kabupaten Kota sehat tahun 2017 dan Penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Bunda Generasi Berencana Tingkat propinsi Sumbar, Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari kementerian Perhubungan dan sejumlah prestasi di bidang pertanian dan peternakan seprti Penghargaan Gapoktan terbaik dari Bapak Gubernur Sumatera Barat setiap tahunnya.

"Pencapaian dan prestasi yang diperoleh baik ditingkat provinsi maupun nasional tentunya merupakan hasil kerja dari kita semua," terangnya.

"Semoga kedepannya dapat kita jadikan sebagai motivasi meningkatkan kinerja dan pengabdian kita untuk percepatan pembangunan Pasaman barat kedepannya," sambung Yulianto.

(Adv)

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Khadijah