Siapa Calon Kapolri yang Dipilih Presiden? Ini Kata Mahfud MD

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md (Net)

KLIKPOSITIF - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyebut nama calon Kapolri yang diprediksi bakal menggantikan Jenderal Pol Idham Azis di sejumlah media masih belum pasti.

Sebab, hingga saat ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum juga memutuskan satu nama yang dipilihnya untuk menjadi the next Kapolri .

baca juga: Dapat Rekomendasi Satgas Covid-19, Kemenag Siap Gelar MHQH ke-13

Mahfud mengatakan kalau prediksi calon Kapolri berikutnya yang beredar di media masih serupa dengan tebak-tebakan.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," kata Mahfud dalam akun Twitternya @mohmahfudmd pada Selasa (12/1/2021).

baca juga: Wamenkeu: Vaksinasi dan Insentif Perpajakan Jumpstart Ekonomi 2021

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut mengatakan belum ada yang mengetahui soal pilihan Jokowi. Sebab menurut ia, Jokowi masih memilah milih mana sosok jenderal tiga yang cocok menjadi pimpinan institusi Polri .

"Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," tuturnya.

baca juga: Ini 3 Jenis Bansos yang Akan Cair Bulan Ini

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD telah menyerahkan daftar nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia pun membeberkan lima nama calon yang dimaksud.

Sebagai Ketua Komisi Kepolisian Nasional ( Kompolnas ), Mahfud menyerahkan calon nama Kapolri tersebut untuk nantinya bisa dipilih Jokowi.

baca juga: Tujuh Personel Polda Sumbar Dipecat Tidak Hormat , Empat Diantaranya Terkait Narkoba

"Ini lima nama Komjen Pol. yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri ," kata Mahfud melalui akun Twitternya @mohmahfudmd pada Jumat (8/1/2021).

Lima calon Kapolri yang diajukan Mahfud tersebut ialah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar, dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto.

"Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, dan jam terbang," ungkapnya.

Editor: Eko Fajri