Antisipasi Rentenir, Koperasi HBB Akan Dilaunching di Padang Panjang

Walikota Fadly Amran,  bahas Persiapan Koperaai HBB dengan Ketua  KHBB Mardiah Muluk.
Walikota Fadly Amran, bahas Persiapan Koperaai HBB dengan Ketua KHBB Mardiah Muluk. (KLIKPOSITIF/Dirga R)

PADANG PANJANG, KLIKPOSITIF - Koperasi Hidup Berkah Bermakna (HBB) akan di launching di Kota Padang Panjang - Sumbar. Kehadiran HBB ini disebut suatu bentuk kepedulian tokoh masyarakat setempat dalam mengantisipasi rentenir.

Hal itu diungkapkan Ketua Koperasi HBB Mardiah, yang berkomitmen membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha.

"Sebagai koperasi berbasis syariah, koperasi ini sudah memiliki anggaran dasar, surat persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM, surat izin lokasi dan izin usaha dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kita akan segera launching pada 22 Januari mendatang," jelas Mardiah.

Mardiah Muluk mengatakan, Koperasi HBB, didukung langsung oleh 29 orang pensiunan Bank Nagari.

"Koperasi Hidup Berkah Bermakna (HBB) didirikan, dengan tujuannya, membantu masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan modal dan lepas dari jeratan rentenir," ujarnya.

Selain pensiunan Bank, Mardiah, mengatakan HBB juga didukung oleh mantan Walikota Padang Panjang Siur Syam dan Walikota Padang Panjang Fadly Amran sebagai salah satu penanam modal di koperasi HBB.

Menurutnya, keberadaan koperasi tersebut tentunya akan berkontribusi membangun daerah. Koperasi berdiri sejak 13 Oktober 2020 lalu

"Koperasi ini akan segera dilaunching dalam waktu dekat. Sebagai persiapan, kemarin (12/1/2021), pengurus koperasi bersilaturahmi ke ruang kerja Fadly Amran, untuk melaporkan persiapan kita sebelum diresmikan," ujar Mardiah.

Terpisah, Kadis Kominfo Kota Padang Panjang, Ampera Salim meneruskan pernyataan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, bahwa keberadaan koperasi tersebut bisa bekerja dan berfungsi dengan baik, serta bisa memberikan pembinaan yang tepat kepada pelaku UMKM dan mengurangi praktik rentenir yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pelaku UMKM.

"Dengan dilakukannya launching pada 22 Januari mendatang, Pemko berharap sesuai dengan nama koperasinya, bisa memberi keberkahan dan bermakna bagi semua, khususnya masyarakat Padang Panjang," sebut Ampera Salim menirukan.

Baca Juga

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Haswandi