Ini Pesan Wakil Menkes untuk Penerima Vaksin Covid-19

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Tak sampai 24 jam setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19, influencer Raffi Ahmad kembali jadi sorotan karena kedapatan menghadiri sebuah pesta bersama teman-temannya.

Tindakan ayah satu anak itu tentu saja menuai kecaman. Apalagi, Raffi dianggap telah mendapatkan kesempatan langka menjadi salah satu orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin Covid-19.

baca juga: Pemkab Tagetkan Vaksinasi Nakes di Pessel Tuntas Januari 2021

Ia bersama tokoh penting sekelas Presiden Joko Widodo, baru saja disuntik vaksin Covid-19 pabrikan China dengan merek dagang Sinovac di Istana Negara pada Rabu, 13 Januari 2021 kemarin.

Menanggapi kejadian itu, pihak Kepresiden RI mengatakan akan 'menasehati' suami dari Nagita Slavina itu agar tidak mengulangi kejadian serupa.

baca juga: Profesor Iris Sebut Resiko Tertular COVID-19 Masih Memungkinkan, Meski Telah Divaksin Dua Kali

Lalu, apa sih yang seharusnya dilakukan penerima vaksin sesaat setelah vaksinasi?

Dikatakan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dr. Dante Saksono vaksinasi Covid-19 tidak akan membuat tubuh langsung kebal terhadap penyakit yang menyerang saluran napas atas tersebut.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Kembali Bertambah, 2 Orang Meninggal

Sehingga penerima vaksin juga tetap harus menjalani protokol kesehatan , salah satunya memakai masker.

"Karena itu walau sudah disuntik, maka para masyarakat dan tokoh publik, serta tenaga medis tetap harus menjalankan protokol medis dan protokol kesehatan yaitu 4M, menjaga jarak, mencuci tangan, kemudian memakai masker dan menjauhi kerumunan," ungkap Wamenkes Dante sesaat sebelum disuntik vaksin di RSCM, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021).

baca juga: Penting, Mahfud MD Bongkar Janji Komjen Listyo

Ia melanjutkan, efek kekebalan tubuh dari vaksin Covid-19 buatan Sinovac baru akan terbentuk setelah dua hingga enam minggu penyuntikkan dosis kedua.

"Yang paling penting adalah bahwa kekebalan ini akan tercipta dua sampai enam minggu setelah penyuntikkan ke dua," pungkas Wamenkes Dante.

Editor: Eko Fajri