Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka, Satlantas Antisipasi Hal Ini

IPDA Rusli, saat berikan edukasi di SMPN 9 Pariaman
IPDA Rusli, saat berikan edukasi di SMPN 9 Pariaman (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Proses belajar tatap muka kembali berlaku di Kota Pariaman . Jalur kota tersebut kembali dipadati oleh kendaraan para siswa.

Berkenaan dengan itu, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas pelajar, Kepala Urusan pembinaan Operasi (KBO) Lantas Pariaman , IPDA Rusli memberikan edukasi secara bertahap ke sekolah mengenai tertib lalu lintas dan keselamatan ber-lalu lintas.

baca juga: Dikunjungi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Ini Kata Kalapas Pariaman

"Benar, dasar kegiatan edukasi ini, menyikapi tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar. Berdasarkan catatan kami, kecelakaan lalu lintas tersebut dikarenakan adanya aksi ugal-ugalan serta kendaraan yang tidak memenuhi standar atau bodong," ungkap IPDA Rusli, Kamis 14 Januari 2021.

Perihal itu, IPDA Rusli merasa sangat penting memberikan edukasi kepada pelajar mengenai persoalan tersebut. "Tambah lagi saat ini, karena aktivitas belajar sudah kembali tatap muka, mobilitas pelajar kembali ramai di jalanan," jelasnya.

baca juga: Wako Padang Panjang Perintahkan Dinas Terkait Carikan Lokasi Baru Bagi PKL

IPDA Rusli menyampaikan, belasan sekolah di Kota tersebut sudah diberinya edukasi terutama sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Baru saja kami telah berikan edukasi pada sekolah SMPN 9 Kota Pariaman . Alhamdulillah setiap sekolah yang kami datangi, semuanya koperatif dan menyambut baik kegiatan sosialisasi ini," ungkap IPDA Rusli.

baca juga: 3 Tahun Jabat Ketua PN Tanjungpati, Herry Cahyono Kini Jabat Ketua PN Serang IA

Menurut IPDA Rusli, kegiatan edukasi tersebut berdampak besar untuk penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 9 Kota Pariaman , Irzal mengutarakan, pihaknya bersyukur atas kegiatan Satlantas tersebut.

baca juga: Vaksinasi Corona di Pariaman Direncanakan Baru Mulai pada Februari 2021

"Iya, edukasi terkait berkendaraan ini sangat dibutuhkan oleh pelajar kami. Tidak hanya menyangkut kedisiplinan pelajar, lebih jauh kegiatan ini untuk keselamatan. Pihak Satlantas memberikan pemahaman terhadap pelajar bahwa pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendaraan," jelas Kepala Sekolah itu.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri