Cuaca Buruk, Nelayan Pessel Tidak Melaut Selama 3 Bulan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Nelayan di Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan -Sumbar belum bisa melaut karena cuaca buruk yang melanda Provinsi Sumater Barat dalam kurun waktu 3 bulan ini.

Nelayan di kawasan ini terpaksa mencari pekerjaan lain, namun pekerjaan seperti menjadi pemberi jasa ojek bagi nelayan di daerah itu belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari nelayan .

baca juga: Siapkan Lulusan Handal, SMKN 1 Sutera dan Bank Nagari Cabang Painan Jalin Kerja Sama

Cuaca tidak mendukung selama 3 bulan ini, sementara itu kami hanya bergantung pada hasil laut," kata seorang nelayan , Nasrol (52) pada KLIKPOSITIF .

Ia menyebutkan, dirinya terpaksa menggunakan uang tabungan sebagai menutup kebutuhan sehari-hari.

baca juga: Silaturahmi Paslon RA-Rudi di Painan Dipadati Massa

"Saya yang sehari-hari beraktifitas di pinggiran pantai. Tidak ada pekerjaan lainya bisa saya geluti, kalau cuaca buruk seperti ini kami bingung mau dapat uang dari mana," sebutnya.

Jika cuaca bagus, nelayan yang ada di kawasan itu bisa menghasilkan uang Rp 150 hingga Rp 500 ribu perharinya. Namun selama 3 bulan belakangan kelompok nelayan yang ada di kawasan itu hanya bisa berdiam diri.

baca juga: Jelang Masa Tenang, Bawaslu Pessel Ingatkan Paslon Tidak Lakukan Ini

"Jangankan makan dengan ikan kering, untuk pembeli beras-pun sulit. Belum lagi untuk biaya sekolah anak-anak yang harus dikeluarkan perhari Rp10 ribu, untuk biaya kulyah perminggu Rp200 ribu," ungkapnya Nasrol kemudian.

[Kiki Junasri Priatama]

baca juga: Hari Ini Total Kasus COVID di Pessel Capai 763 Orang

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa