Efikasi Vaksin Sinovac 65 Persen, Ini Tanggapan Dokter Unand

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF --Dokter dari Universitas Andalas ( Unand ) menyatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah adalah salah satu langkah untuk meminimalisir masyarakat tertular virus Covid-19.

"Kalau saya melihat ini merupakan salah satu usaha penanganan Covid-19 oleh pemerintah dan ini bagus," kata Andani Eka Putra saat diwawancarai, Kamis 14 Januari 2021.

baca juga: Penyuntikan Vaksin Sinovac di Pariaman Mulai Dilakukan

Menurutnya, angka efikasi vaksin sinovac hanya 65 Persenpersen yang dinyatakan oleh pihak peneliti sudah cukup baik dan berada di atas standar yang ditentukan oleh WHO yaitu pada angka 50 persen.

"Kalau dilihat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Biofarma, Epidesinya kan sekitar 65 persen dan itu saya rasa cukup baik," lanjutnya.

baca juga: Ini PR yang Perlu Diselesaikan Kapolri Listyo Prabowo Menurut MPR

Ia mengatakan, meskipun dengan angka 65 persen tersebut, setidaknya vaksinasi itu memiliki peluang berhasil saat digunakan oleh masyarakat.

"Setidaknya ada peluang berhasil. Paling tidak kalau efikasi menurun sampai 20 persen pun masih bisa digunakan," lanjutnya.

baca juga: Wujudkan Lingkungan Bersih dan Nyaman, Lapas Pariaman Lakukan Perbaikan Menyeluruh

Ia mencontohkan, sebanyak dua juta orang yang divaksin dan 20 persen dari jumlah tersebut bisa diselamatkan dan bisa membantu resiko masyarakat tertular Virus Covid-19.

"Bagaimana pun ini adalah usaha kita untuk memperkecil kemungkinan masyarakat terinveksi virus ini," tutupnya.

baca juga: DPP KNPI Laporkan Abu Janda ke Polisi

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri