Efikasi Vaksin Sinovac 65 Persen, Ini Tanggapan Dokter Unand

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF --Dokter dari Universitas Andalas ( Unand ) menyatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah adalah salah satu langkah untuk meminimalisir masyarakat tertular virus Covid-19.

"Kalau saya melihat ini merupakan salah satu usaha penanganan Covid-19 oleh pemerintah dan ini bagus," kata Andani Eka Putra saat diwawancarai, Kamis 14 Januari 2021.

baca juga: Pemkab Tagetkan Vaksinasi Nakes di Pessel Tuntas Januari 2021

Menurutnya, angka efikasi vaksin sinovac hanya 65 Persenpersen yang dinyatakan oleh pihak peneliti sudah cukup baik dan berada di atas standar yang ditentukan oleh WHO yaitu pada angka 50 persen.

"Kalau dilihat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Biofarma, Epidesinya kan sekitar 65 persen dan itu saya rasa cukup baik," lanjutnya.

baca juga: Profesor Iris Sebut Resiko Tertular COVID-19 Masih Memungkinkan, Meski Telah Divaksin Dua Kali

Ia mengatakan, meskipun dengan angka 65 persen tersebut, setidaknya vaksinasi itu memiliki peluang berhasil saat digunakan oleh masyarakat.

"Setidaknya ada peluang berhasil. Paling tidak kalau efikasi menurun sampai 20 persen pun masih bisa digunakan," lanjutnya.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Kembali Bertambah, 2 Orang Meninggal

Ia mencontohkan, sebanyak dua juta orang yang divaksin dan 20 persen dari jumlah tersebut bisa diselamatkan dan bisa membantu resiko masyarakat tertular Virus Covid-19.

"Bagaimana pun ini adalah usaha kita untuk memperkecil kemungkinan masyarakat terinveksi virus ini," tutupnya.

baca juga: Penting, Mahfud MD Bongkar Janji Komjen Listyo

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri