Dokter Unand Akan Teliti Pemutasian Virus Covid-19 di Sumbar

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF --Dokter Universitas Andalas ( Unand ) sedang melakukan penelitian terkait permutasian virus Covid-19 di Sumatera Barat selama masa pandemi sejak setahun yang lalu.

"Untuk permutasian virus di Sumatera Barat saat ini kami masih belum mengetahuinya dan kami saat ini sedang melakukan penelitian terkait itu," kata Dokter Unand , Andani Eka Putra saat diwawancarai, Kamis 14 Januari 2021.

baca juga: Pemkab Tagetkan Vaksinasi Nakes di Pessel Tuntas Januari 2021

Ia mengatakan, untuk penelitian tersebut, pihaknya akan mengomperasikan virus yang terdeteksi pada awal kemunculan di Sumatera Barat dengan virus yang terdeteksi pada pertengahan.

"Nanti kami akan menkomperasikan virus yang terdeteksi bulan April dan Mai dengan virus yang terdeteksi bulan Oktober dan November," lanjutnya.

baca juga: Profesor Iris Sebut Resiko Tertular COVID-19 Masih Memungkinkan, Meski Telah Divaksin Dua Kali

Penelitian tersebut akan dimulai pada pekan depan di Laboratorium Universitas Kedokteran terbesar di Sumatera Barat itu.

"Nanti setelah dilakukan penelitian itu akan ketahuan seperti apa mutasi virus ini. Apakah semakin mengganas atau bagaimananya," lanjutnya.

baca juga: Kasus COVID-19 di Agam Kembali Bertambah, 2 Orang Meninggal

Ia menargetkan penelitian tersebut akan diselesaikan dalam waktu satu bulan sembari tetap melakukan tes PCR swab seperti biasanya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri