Setelah Divaksin, Raffi Ahmad Digugat

Raffi Ahmad dan Presiden Berfoto usai vaksin
Raffi Ahmad dan Presiden Berfoto usai vaksin (net)

KLIKPOSITIF - Setelah menerima suntikan vaksin Covid-19 artis papan atas Raffi Ahmad akhirnya digugat ke pengadilan. Penggugat Raffi merupakan pengacara publik David Tobing dengan tuduhan telah melanggar protokol kesehatan pasca divaksin.

David melaporkan Raffi Pengadilan Negeri Depok dengan nomor registrasi online PN DPK-012021GV1, melalui kuasa hukumnya Richan Simanjuntak dan Winner Pasaribu. "Apa yang Raffi lakukan dapat berdampak signifikan karena dia punya banyak pengikut, punya banyak fans, nanti dianggap habis vaksin boleh bebas tanpa protokol seenaknya. Seharusnya tindakan Raffi memberikan dampak positif bukan negatif seperti ini," kata David, Jumat (15/1/2021) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Enam Laskar FPI yang Meninggal Saat Bentrok dengan Polisi Ditetapkan Jadi Tersangka

Raffi digugat atas tuduhan Perbuatan Melawan Hukum (PMH), karena dianggap melanggar aturan terkait protokol kesehatan seperti Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019.

Serta, Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 2 tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019, dan Undang-Undang No. 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

baca juga: Diperkirakan Pandemi Tidak Akan Berakhir Tahun Ini, Berikut Pernyataan WHO

Dalam petitumnya, David meminta pengadilan memutus Raffi bersalah dan menjalankan hukuman berupa tidak keluar rumah selama 30 hari sejak menerima vaksinasi kedua.

Selain itu Raffi juga harus meminta maaf dan mempromosikan protokol kesehatan dan vaksinasi kepada masyarakat di 7 tv swasta nasional , 7 koran nasional , dan di akun media sosialnya.

baca juga: Dapat Rekomendasi Satgas Covid-19, Kemenag Siap Gelar MHQH ke-13

Sebelumnya Rafi Ahmad diketahui masuk dalam kelompok pertama yang menerima vaksin . Namun Rafi kedapatan tidak memakai masker pada sebuah acara di rumah bos KFC indonesia, Ricardo Gelael pada Rabu (13/1/2021) lalu.

Editor: Ramadhani