Ratusan Nakes RSUD Padang Panjang Siap Divaksin, 10 Dokter Disiapkan untuk Menyuntik

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - 446 Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padang Panjang siap divaksin. Hal itu diungkapkan Direktur RSUD setempat, dr. Ardoni, dimana saat ini 10 dokter RSUD tengah menjalani pelatihan pemberian vaksin .

"10 orang dokter saat ini menjalani pelatihan pemberian vaksin . dokter ini yang nantinya akan menyuntikkan vaksin kepada nakes dan masyarakat Kota Padang Panjang . Sesuai data jumlah nakes sebanyak 446 orang, vaksinasi dilakukan bertahap," sebut Ardoni, Sabtu (16/1).

baca juga: Jika Konflik Internal Terus Berlanjut, Pengamat: Bisa Saja Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu

Pelaksanaan vaksinasi, jelas Ardoni, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Ardoni menghimbau agar masyarakat tidak takut untuk divaksin. Karena vaksin adalah bagian upaya mengantisipasi panjangnya masa pandemi.

"Sama dengan imunisasi, dimasukkannya vaksin ke dalam tubuh, agar tubuh kebal dengan virus tersebut. Ketika Covid-19 menyebar lewat droplet, tubuh bisa melawan. Seandainya virus tetap masuk, maka gejala yang dirasakan akan ringan," jelasnya.

baca juga: Kejar Wisatawan dalam Negeri, Sandiaga Uno: Ada 55 Juta warga Kelas Menengah yang Ingin Berwisata

Diterangkannya, upaya vaksinasi adalah membentuk kekebalan tubuh, virus yang sudah dilemahkan disuntikkan itulah yang disebut vaksin . "Oleh karena itu, masyarakat jangan takut dengan adanya vaksinasi, dan tetap menjaga 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker) untuk menghentikan pandemi ini," pungkasnya.

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Eko Fajri