Tiga Finalis Lomba KPU Cabut Karyanya, Ini Kata Komisioner KPU Sumbar

ilustrasi
ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tiga peserta lomba yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Sumatera Barat mencabut seluruh karyanya dalam keikutsertaan lomba tersebut pada Sabtu 17 Januari 2021.

Hal tersebut dilakukan oleh tiga peserta itu karena menilai juri yang melakukan penilaian terhadap lomba itu tidak netral.

baca juga: Jika Konflik Internal Terus Berlanjut, Pengamat: Bisa Saja Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu

"Saya menilai juri tidak netral dalam penilaian. Foto yang dimenangkan dalam lomba itu tidak lebih baik dari karya saya," kata salah seorang peserta, Halbert.

Tiga peserta yang menarik kembali karyanya adalah Halbert Chaniago, Fitra Yogi dan Rafi Tanjung.

baca juga: Kejar Wisatawan dalam Negeri, Sandiaga Uno: Ada 55 Juta warga Kelas Menengah yang Ingin Berwisata

Hal yang sama juga diungkapkan oleh dua peserta lainnya yang menganggap juri tidak kompertibel dalam penilaian lomba foto tersebut.

Sementara itu, salah satu juri lomba foto tersebut, Maizal Chaniago menyatakan bahwa akhir dari lomba itu bukan karya, tetapi keikutsertaan masyarakat untuk memilih.

baca juga: Sebut Vaksinasi Covid-19 Berjalan Lambat, Perhimpunan Guru Pesimis Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

"Kami tidak bisa mengatakan dasar penilaian kami, karena itu bersifat rahasia. Tujuan lomba ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih, bukan karya," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumatera Barat, Izwaryani mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi hasil lomba tersebut.

baca juga: Soal KLB, Tokoh Demokrat Sebut Penjelasan Mahfud MD Bertele-tele

"Kalau untuk menarik karyanya itu kan hak peserta, kami juga tidak bisa melarang dan kami akan mengevaluasi ini nantinya," katanya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri