Polisi Kawal Bantuan Logistik Korban Gempa Sulbar Antisipasi Penjarahan

Petugas memasukkan logistik bantuan untuk korban gempa bumi Majene kedalam Pesawat Hercules A 1321 TNI AU, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (15/1/2021).
Petugas memasukkan logistik bantuan untuk korban gempa bumi Majene kedalam Pesawat Hercules A 1321 TNI AU, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

KLIKPOSITIF - Polda Sulawesi Barat mengawal ketat truk-truk yang mengangkut bantuan logistik untuk korban gempa di Kabupaten Majene maupun Mamuju. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penjarahan.

Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol Eko Budi Sampurno pun mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak-pihak pemberi bantuan.

baca juga: Gempa 5,8 SR, Warga di RSUP M Djamil Berhamburan

"Kami sudah antisipasi dan koordinasi dengan pemberi bantuan, sebelum mendekati wilayah Mamuju agar berhenti di Polres dan akan kami kawal hingga tujuan," katanya, Minggu (17/1/2021).

Sebuah video di media sosial sempat memperlihatkan detik-detik ketika warga diduga hendak menjarah truk berisi logistik untuk korban gempa di Kabupaten Majene. Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram @warung_jurnalis.

baca juga: Gempa Berkekuatan 5.0 SR Guncang Kepulauan Mentawai Sumbar

Dari video itu terlihat, sekelompok warga terlihat menghadang truk logistik yang ditutupi oleh terpal warna biru. Mereka selanjutnya mencoba untuk membuka terpal dengan maksud hendak mengambil bantuan logistik.

Namun, upaya penjarahan tersebut gagal. Anggota polisi dengan senjata laras panjang bergegas keluar dari mobil pengawal.

baca juga: Kemlu Sebut Tidak Ada WNI yang Menjadi Korban Gempa Fukushima Jepang

"Woy woy woy," teriaknya.

Editor: Fitria Marlina