Pemkab Agam Gelar Sosialisasi Ketaspenan Bagi CPNS

Sosialisasi ketaspenan
Sosialisasi ketaspenan (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Agam gelar sosialisasi ketaspenan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah itu, di aula Bappeda Agam , Senin (18/1).

Sosialisasi ini menghadirkan pihak PT Taspen Persero Cabang Bukittingi selaku narasumber, dengan peserta 93 CPNS yang dibagi jadi dua sesi.

baca juga: Objek Wisata Danau Maninjau Diusulkan Jadi DTWU Provinsi dan Nasional

Menurut Sekretaris BKPSDM Kabupaten Agam , Sriyardevita, baru kali ini CPNS di lingkungan Pemkab Agam diberikan sosialisasi ketaspenan, karena ini menyangkut haknya selaku CPNS.

"Pembekalan ini banyak manfaatnya untuk mengetahui tunjangan hari tua, kematian, kecalakaan kerja dan lainnya," ujarnya.

baca juga: Jadi Rujukan Pelaksanaan Pilwana E-Voting, Agam Dikunjungi Pemkab Deli Serdang

Mona Afriyani Cani Dachi selaku narasumber menyebutkan, Taspen bergerak di bidang jaminan sosial untuk aparatur sipil negara, baik CPNS, pejabat negara, P3K, honorer, THL dan lainnya.

"Sebagai CPNS sudah ada hak dan kewajibannya. Jika telah masuk TMT CPNS-nya, maka sudah ada hak yang diterima. Kalau ada hak berarti harus ada kewajiban seperti pemotongan gaji," terangnya.

baca juga: Jika Agam Mekar, Ini Nama Kabupaten yang Diusulkan

Ia menjelaskan, pemotongan gaji pegawai baik CPNS maupun PNS besarannya sama yaitu 10 persen dari gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan beras.

Dari potongan itu, jelasnya, 2 persen untuk BPJS Kesehatan dan 8 persen untuk program Taspen seperti tabungan hari tua 3,25 persen dan pensiunan 4,75 persen.

baca juga: BKSDA Resort Agam Pasang Spanduk Peringatan di Lokasi Kemunculan Buaya

"Setiap pengurusan Taspen tidak ada dipungut biaya apapun," tegasnya.

Di kesempatan ini, Mona Afriyani Cani Dachi memaparkan secara detail terkait layanan taspen baik jaminan kecelakaan kerja, program pensiun, tabungan hari tua dan jaminan kematian.

Editor: Rezka Delpiera