Ini yang Dilakukan DLH Payakumbuh untuk Meningkatkan RTH di Daerahnya

Kepala DLH Payakumbuh, Dafrul Pasi.
Kepala DLH Payakumbuh, Dafrul Pasi. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Untuk meningkatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh mendorong setiap investor atau developer yang akan membangun perumahan di daerah tersebut untuk dapat menyediakan tempat untuk RTH.

Kepala DLH Payakumbuh Dafrul Pasi mengatakan, setidaknya setiap pengembang atau developer harus menyediakan 20 persen RTH yang sudah diatur di dalam Perda Kota Payakumbuh terkait tata ruang.

baca juga: Pemko Payakumbuh Segera Serahkan LKPD 2020, Incar WTP Keenam Beruntun

"Sekarang angka RTH kita di Payakumbuh baru 14,1 persen. Kami tentu menargetkan agar ini dapat terus meningkat, salah satunya dengan mendorong setiap pengembang perumahan menyediakan RTH," katanya, Senin (18/1).

Dafrul mengatakan, dalam penyediaan RTH tersebut Pemko Payakumbuh juga akan tetap melakukan penanaman pohon mulai dari daerah sempadan sungai, fasilitas publik seperti kantor dan sekolah.

baca juga: Perkuat Generasi Muda, BNNK Payakumbuh Seleksi Puluhan Pelajar

Jenis pohon untuk daerah sempadan jalan ini akan ditanami dengan jenis tanaman yang beraneka ragam, mulai dari tanaman untuk pelindung dan pohon buah.

"Selanjutnya juga untuk jalan-jalan utama yang masih memungkinkan atau memiliki ruang untuk menanam pohon pelindung. Bapak Wali Kota Riza Falepi terus gencar melakukan atau memerintahkan penanaman pohon," ujarnya.

baca juga: Empat UMKM Asal Payakumbuh dan Lima Puluh Kota Ikuti KKI 2021 Seri 1 di Padang

Ia mengatakan Pemko Payakumbuh juga akan menyiapkan penyediaan taman keanekaragaman hayati atau taman kehati yang akan ditanam dengan tanaman endemik, yakni tanaman atau tumbuhan asli.

"Tanah yang ada di Payakumbuh Timur ini termasuk luas ada sekitar dua hektare. Rencananya ini memang hanya untuk tanaman endemik," pungkas dia. (*)

baca juga: Ibu Negara Iriana Joko Widodo Ikut Promosikan Tenun Balai Panjang

Editor: Taufik Hidayat